BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Lewis Hamilton Sulit Percaya Samai Rekor Kemenangan Michael Schumacher

12-10-2020 14:46 | Anindhya Danartikanya

Lewis Hamilton memegang helm balap Michael Schumacher. (c) AP Photo
Lewis Hamilton memegang helm balap Michael Schumacher. (c) AP Photo

Bola.net - Lewis Hamilton mengaku tak pernah membayangkan bisa menyamai rekor-rekor tujuh kali juara dunia Formula 1, Michael Schumacher, termasuk rekor jumlah kemenangan. Hal ini ia sampaikan usai memenangi F1 GP Eifel, di Sirkuit Nurburgring, Jerman, yang juga kandang Schumacher, Minggu (11/10/2020).

Start kedua, Hamilton mampu menyalip sang tandem, Valtteri Bottas, dan sejak itu ia tak mendapatkan ancaman berarti dari rival lain. Ini adalah kemenangan ketujuh Hamilton musim ini, sekaligus merupakan yang ke-91 sepanjang kariernya. Jumlah inilah yang membuatnya menyamai rekor 'Schumi'.

Usai balap, Hamilton mendapatkan helm balap Schumacher yang dipakai saat masih membela Mercedes AMG Petronas pada 2010-2012. Helm itu dipersembahkan oleh anak Schumacher, Mick Schumacher, yang saat ini berkompetisi di F2 dan tadinya dijadwalkan turun di FP1 F1 GP Eifel namun batal akibat cuaca buruk.

1 dari 3 halaman

Tak Pernah Terbayang Dekati Rekor 'Schumi'

"Saya merasa terhormat, entah apa yang harus saya katakan. Jika tumbuh dewasa menyaksikan seseorang, Anda secara umum akan mengidolakannya, termasuk kualitasnya sebagai pembalap, dan mengagumi caranya mampu sukses tiap tahun, tiap balapan, tiap pekan, dengan timnya," ujar Hamilton seperti yang dikutip Crash.net.

Fakta unik lainnya, Hamilton bergabung dengan Mercedes AMG Petronas pada 2013 lalu, menggantikan posisi Schumacher, yang pada akhir 2012 memutuskan untuk pensiun dari F1 untuk kedua kalinya.

"Melihatnya dominan begitu lama, saya rasa tak seorang pun, terutama saya, pernah membayangkan bahwa saya bisa mendekati rekor-rekor Michael. Jadi, ini merupakan sebuah kehormatan dan saya butuh waktu untuk membiasakan diri," lanjut pembalap asal Inggris ini.

2 dari 3 halaman

Baru Ingat Saat Kembali ke Pitlane

Rekor Schumacher ini sejatinya sudah diprediksi bakal disamai Hamilton di Sochi, Rusia, namun tertunda karena ia hanya finis ketiga. Kali ini, Hamilton berhasil melakukannya, namun justru sempat lupa dan baru ingat soal torehan ini saat ia hendak memarkir mobil di parc ferme.

"Jujur saja, saya baru menyadarinya saat saya tiba di pitlane, saya tak menyadarinya saat masuk garis finis. Saya tak bisa melakukannya tanpa tim saya yang hebat dan yang mau mengerahkan segalanya. Terima kasih banyak dan rasa hormat saya yang besar untuk Michael," tutupnya.

Saat ini, Hamilton tengah memimpin klasemen pembalap F1 dengan koleksi 230 poin, unggul 69 poin dari Bottas. Dengan enam gelar dunia di kantor, pembalap berusia 35 tahun ini pun bisa jadi juga menyamai rekor jumlah gelar dunia Schumacher akhir musim nanti.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Danilo Petrucci dan 6 Rider Berbeda yang Menang di MotoGP 2020

KOMENTAR