BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lewis Hamilton: Orang Lupa Jika Dunia Balap Itu Berbahaya

03-09-2019 08:54 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, meyakini bahwa banyak orang suka lupa bahwa dunia balap adalah olahraga yang sangat berbahaya, hingga kesulitan mengapresiasi talenta dan motivasi para pebalap. Hal ini ia ungkapkan kepada Crash.net, usai finis kedua dalam Formula 1 GP Belgia, Minggu (1/9/2019).

Hamilton mengaku sangat sulit menjalani balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps akhir pekan lalu, usai pebalap Formula 2, Anthoine Hubert meninggal dunia akibat kecelakaan hebat pada Lap 2 pada balapan feature, Sabtu (31/8/2019). Dalam insiden yang sama, Jua Manuel Correa juga mengalami dua patah tulang dan punggung.

"Bukan pekan balap terbaik bagi dunia balap. Sabtu adalah hari yang sulit, dan bahkan balapan pada Minggu. Tapi saya harus tampil, dan kami semua harus mencoba menjernihkan pikiran, serta balapan dengan spirit Anthoine," ujar lima kali juara dunia ini.

1 dari 2 halaman

Belajar dari Insiden FP3

Hamilton menyatakan bahwa pendapat ini ia lontarkan terpengaruh oleh peristiwa ketika penonton bersorak-sorai melihatnya mengalami kecelakaan dan menabrak dinding pembatas pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) pada Sabtu pagi, hanya beberapa jam sebelum balapan F2 digelar.

"Mengingat FP1 bukanlah sesi yang baik, dan saya kecelakaan di FP3... Saya ingat saat saya kecelakaan beberapa penonton bersorak. Kecelakaan itu cukup besar. Inilah alasan saya harus mengatakan ini, alasan yang membuat saya berani mengatakan ini," ungkapnya.

Pimpinan Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff pun memberikan pendapat senada, serta menjelaskan lebih detail soal maksud dari opini pebalapnya. Wolff menyatakan bahwa kebanyakan penggemar kesulitan mengapresiasi kerja keras pebalap karena sulit pula memahami apa yang terjadi di lintasan.

2 dari 2 halaman

Motorsport Olahraga Gladiator

"Sangat sulit mencerna apa yang terjadi di dalam mobil jika Anda tak pernah mengendarai mobil balap dalam kecepatan setinggi ini. Entah formula junior, F1, GT car, atau prototipe, ini olahraga gladiator. Ini merupakan olahraga keberanian, risikonya tinggi. Tapi lewat lensa kamera, Anda takkan pernah menyadari sensasinya," ujar Wolff.

"Kita beruntung tak ada kejadian seperti ini selama bertahun-tahun, dan mungkin kita lupa seberapa bahayanya olahraga ini. Saya rasa inilah yang ingin dinyatakan Lewis. Saya benar-benar bisa memahaminya. Apa yang dilakukan para pebalap ini memang sulit dipahami, dan bisa berakhir fatal," pungkasnya.

Berkat hasil dalam pekan balap ini, Hamilton makin kokoh di puncak klasemen pebalap Formula 1 dengan koleksi 268 poin. Ia dan seluruh penghuni paddock akan kembali menjalani pekan balap di Sirkuit Monza, Italia pada 6-9 September.

Sumber: Crash.net

KOMENTAR