BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Lewis Hamilton Dapat Komentar Rasis Usai Menangi Formula 1 GP Inggris

19-07-2021 14:15 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Usai memenangi seri kandangnya, Formula 1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (18/7/2021), yang diwarnai kontroversi, Lewis Hamilton mendapatkan komentar rasis dari sekelompok warganet di media sosial. Seperti yang diketahui, pembalap Mercedes AMG Petronas ini sempat mengalami senggolan dengan Max Verstappen pada lap pembuka di Tikungan Copse.

Hamilton terlihat hendak menyalip Verstappen dari jalur dalam, namun ban depan kirinya bersenggolan dengan ban belakang kanan Verstappen, membuat pembalap Red Bull Racing Honda itu mengalami spin dan terseret ke gravel dengan kecepatan tinggi, hingga akhirnya menghantam dinding pembatas ban dengan dampak masif sebesar 51G.

Verstappen mampu keluar dari mobilnya, namun kemudian ditransfer ke rumah sakit lokal untuk pemeriksaan medis demi memastikan ia tak mengalami cedera serius. Balapan pun sempat dihentikan pada Lap 3 untuk memperbaiki dinding pembatas, dan Hamilton dijatuhi hukuman 10 detik dan tambahan 2 poin penalti pada lisensi balapnya.

1 dari 3 halaman

Terdapat di Kolom Komentar Instagram Mercedes

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Hukuman itu uniknya tak menghalangi Hamilton meraih kemenangannya yang kedelapan di F1 GP Inggris. Hamilton menyalip Charles Leclerc ketika balapan menyisakan tiga lap, usai pembalap Scuderia Ferrari itu memimpin sejak lap pembuka, tepat setelah insiden Hamilton vs Verstappen terjadi.

Usai balap, Verstappen pun menggunakan media sosial untuk mengkritik selebrasi Hamilton, yang menurutnya tak terhormat dan tak sportif selagi dirinya berada di rumah sakit. Menurut Sky Sports, Hamilton pun kemudian mendapatkan pesan-pesan rasis dari warganet di kolom komentar Instagram Mercedes.

Tak hanya pesan rasis dari warganet, Hamilton juga mendapatkan emoji monyet dan ujaran-ujaran rasis lainnya. Terhitung pada Senin (19/7/2021), Mercedes tampaknya sudah membatasi kolom komentar di Instagram mereka agar ujaran kebencian bernada rasis tak harus berlarut-larut.

2 dari 3 halaman

Vokal Melawan Rasisme

Hamilton yang juga aktivis sosial, sangat vokal melawan rasisme. Ia juga merupakan atlet dunia yang memberikan dukungan kepada tiga pesepak bola timnas Inggris, Bukayo Saka, Marcus Rashford, dan Jadon Sancho, yang dibanjiri ujaran rasis usai gagal mengeksekusi tendangan penalti dalam laga final Euro 2020 kontra Italia.

Di sela F1 GP Inggris, tujuh kali juara dunia ini juga mengumumkan The Hamilton Commission, sebuah organisasi yang ia bentuk bersama Royal Academy of Engineering demi membuka kesempatan lebih lebar bagi lebih banyak orang kulit hitam untuk terlibat di dunia balap dan sistem edukasi di Inggris.

Usai pekan balap F1 GP Inggris, Hamilton masih duduk di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan koleksi 177 poin, tertinggal delapan poin saja dari Verstappen. Mereka akan kembali turun lintasan dalam F1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, pada 30 Juli-1 Agustus mendatang.

Sumber: Sky Sports

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR