Lewati 15 Konsep: Austria Rampungkan Chicane MotoGP, Formula 1 Pakai Trek Lama

Anindhya Danartikanya | 30 Maret 2022, 16:30
MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring (c) AP Photo
MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring (c) AP Photo

Bola.net - Sirkuit Red Bull Ring, Austria, telah menyelesaikan pengerjaan chicane baru sebagai Tikungan 2 dan 3 untuk MotoGP dan siap kembali menggelar balapan 19-21 Agustus 2022 mendatang. Hal ini diumumkan oleh Dorna Sports via MotoGP.com, Rabu (30/3/2022).

Sebelumnya, Red Bull Ring merupakan trek MotoGP dengan jumlah tikungan paling sedikit, yakni 9 tikungan, terdiri dari 2 tikungan kiri dan 7 tikungan kanan. Di atas kertas, layout trek ini cukup sederhana, namun sejak trek ini kembali ke kalender balap MotoGP 2016, Tikungan 2 menjadi area yang sangat dicemaskan para rider.

Pasalnya, Tikungan 2 tak terlalu melengkung, sehingga area dari Tikungan 1-3 terkesan seperti trek lurus. Hal ini dicemaskan bisa membahayakan para pembalap. Pasalnya, usai melaju dengan kecepatan supertinggi, mereka harus mengerem secara agresif ketika memasuki Tikungan 3 yang tajam ke kanan.

1 dari 2 halaman

Dipicu Insiden Zarco vs Morbidelli pada 2020

Chicane baru Sirkuit Red Bull Ring, Austria, untuk MotoGP. (c) Dorna Sports/MotoGP.comChicane baru Sirkuit Red Bull Ring, Austria, untuk MotoGP. (c) Dorna Sports/MotoGP.com

Hal buruk pun terjadi pada 2020, ketika Johann Zarco dan Franco Morbidelli bertabrakan dalam kecepatan tinggi di tikungan itu. Kedua motor mereka meluncur dan terpelanting jauh ke depan, nyaris menghantam Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang sedang memasuki Tikungan 3. Beruntung, keempatnya selamat dari maut.

Sejak dijajal Casey Stoner sebagai test rider Ducati pada awal 2016, Red Bull Ring kerap banjir kritikan karena dinilai berbahaya, tembok pembatasnya terlalu dekat dengan trek, dan area run off-nya terlalu sempit. Namun, pengelola sirkuit baru serius melakukan perubahan usai kecelakaan Zarco dan Morbidelli terjadi.

Usai insiden itu, para rider menuntut kehadiran chicane di Tikungan 2, sehingga para rider bisa mengurangi kecepatan dan memasuki Tikungan 3 dengan cara yang lebih aman. Pada 2021, para rider kembali protes karena Red Bull Ring belum juga berbenah. Namun, kali ini, pengerjaan itu telah dilakukan dan sudah selesai.

2 dari 2 halaman

Sempat Ada 15 Konsep Desain

Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo

Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo

Dorna Sports menyatakan bahwa pengerjaan chicane ini dimulai pada November 2021. Untuk mewujudkannya, mereka bekerja sama dengan FIM (Federasi Balap Motor Internasional) dan FIA (Federasi Balap Mobil Internasional), mengingat Red Bull Ring ada dalam kalender Formula 1. Tak lupa, sang desainer, Hermann Tilke, juga turut serta.

Tikungan 2 yang lama pun kini berubah menjadi chicane, yang berarti menjadi Tikungan 2 dan 3. Sementara itu, Tikungan 3 yang lama otomatis berubah menjadi Tikungan 4. Meski begitu, layout ini hanya akan digunakan ajang balap motor, terutama MotoGP. Sementara itu, ajang balap mobil, terutama F1, akan pakai layout yang lama.

"Mereduksi kecepatan sangatlah dibutuhkan di MotoGP di sektor ini. Hal ini diwujudkan lewat kombinasi kanan-kiri yang padat, dan takkan berdampak pada area lain di trek ini. Di atas segalanya, merencanakannya adalah tantangan nyata akibat topografi alam," ungkap Tilke, yang sempat membuat 15 konsep desain untuk layout baru ini.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR