Lewat KTM di MotoGP, Red Bull Jalankan Sistem Mirip F1

Anindhya Danartikanya | 13 Februari 2019, 12:18
Hafizh Syahrin (c) KTM/Sebas Romero
Hafizh Syahrin (c) KTM/Sebas Romero

Bola.net - - Perusahaan minuman berenergi raksasa, Red Bull, sangat senang bisa menjadi sponsor utama lima tim balap di Grand Prix 2019. Hal ini disampaikan Manajer Red Bull Motorsport, Thomas Uberall kepada Motorsport.com di sela peluncuran program MotoGP milik KTM di Mattighofen, Austria pada Selasa (12/2).


Di kelas MotoGP, Red Bull dan KTM, menurunkan dua tim, yakni Red Bull KTM Factory Racing yang menaungi dua juara dunia Moto2, Pol Espargaro dan Johann Zarco, serta Red Bull KTM Tech 3 yang bakal membimbing Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira.

Uberall pun mengaku senang struktur balap KTM di MotoGP semakin besar dan lengkap. "Saya sangat senang bisa berada di sini dengan dua MotoGP tim. Saya punya satu yang sudah memperebutkan podium. Saya bisa katakan ini karena kami sudah berhasil melakukannya tahun lalu di Valencia," ungkapnya.

1 dari 2 halaman

Tech 3 Jadi Tim Junior KTM

Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira (c) KTM/Sebas Romero

Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira (c) KTM/Sebas Romero

Sementara corak tim pabrikan didominasi warna hitam dan oranye, motor dan seragam tim Tech 3 didominasi warna biru, silver dan sedikit oranye. Kedua corak ini pun mengingatkan pada corak yang dimiliki dua tim Formula 1 milik Red Bull, yakni Red Bull Racing dan tim juniornya, Scuderia Toro Rosso.

"Tim kedua (Tech 3) adalah tempat kami bisa membawa para rider dari kelas yang lebih ringan, yakni Rookies Cup, Moto3 dan Moto2. Mereka bisa menjalani langkah pertama di MotoGP dengan beban yang lebih ringan dari tim pabrikan. Inilah yang sangat kami inginkan, jadi kami senang," ujar Uberall.

2 dari 2 halaman

Jaminan Sukses di Masa Depan

Uberall pun menyatakan Tech 3 diharapkan bisa menjalankan peran yang sama dengan Scuderia Toro Rosso, yang selama ini menjadi tim junior untuk Red Bull Racing. Para pebalap F1 papan atas seperti Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen sudah dikenal umum sebagai hasil orbitan tim asal Faenza, Italia tersebut.

"Kami sudah membuktikan sistem ini bekerja di kejuaraan roda empat, dan kami tengah melakukan hal yang nyaris sama di MotoGP. Saya berharap ini bisa menjamin kesuksesan kami di masa depan, dan meraih gelar dunia di kelas tertinggi sesegera mungkin," pungkasnya.

Selain menurunkan dua tim di MotoGP, Red Bull dan KTM juga menurunkan Red Bull KTM Ajo di Moto2 dan Moto3, dan satu lagi tim Red Bull KTM Tech 3 di kelas Moto3.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR