BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Leopard Racing Tegaskan Tekad Bentuk Tim di MotoGP 2022

06-10-2020 12:51 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Leopard Racing, Jaume Masia (c) Facebook/Leopard Racing Pembalap Leopard Racing, Jaume Masia (c) Facebook/Leopard Racing

Bola.net - Team Principal Leopard Racing, Christian Lundberg, akhirnya membenarkan rumor bahwa pihaknya bertekad melebarkan sayap dari Moto3 ke MotoGP pada 2022 mendatang. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Motorsport.com, Senin (5/10/2020).

Leopard dibentuk pertama kali di Moto3 pada 2015, dan langsung merebut gelar dunia bersama Danny Kent. Pada 2016, mereka gagal juara, namun menaungi tiga rider bertalenta, yakni Fabio Quartararo dan Joan Mir yang kini jadi dua kandidat juara dunia MotoGP, serta Andrea Locatelli yang kini jadi juara dunia WorldSSP 600 2020.

Pada tahun yang sama, Leopard turun di Moto2 bersama Kent dan Miguel Oliveira, namun proyek ini gagal meraih hasil baik dan akhirnya dibubarkan. Leopard pun kembali fokus di Moto3 pada 2017, dan akhirnya merebut gelar dunia bersama Mir. Prestasi serupa diulang oleh Lorenzo dalla Porta pada 2019.

1 dari 3 halaman

Sudah Mulai 'Negosiasi'

Pembalap Leopard Racing, Dennis Foggia (c) Leopard Racing Pembalap Leopard Racing, Dennis Foggia (c) Leopard Racing

Gosip bahwa Leopard ingin berekspansi ke MotoGP menyeruak pada pertengahan September lalu, dalam pekan balap San Marino, yakni saat Esponsorama Racing dikabarkan ingin hengkang dari MotoGP pada akhir musim ini, berpotensi diambil alih Leopard atau VR46.

Program ini pun kabarnya selaras dengan keinginan konglomerat asal Luksemburg dan pemilik minuman berenergi Le0pard, sekaligus sang pemilik tim Leopard Racing, Flavio Becca, yang diketahui memang berambisi turun di kelas tertinggi. Hal ini pun dikonfirmasi sendiri oleh Lundberg.

Lundberg mengakui negosiasi sudah mulai berjalan, namun ia tak menjelaskan pihak mana saja yang ia ajak berdiskusi. "Kategori MotoGP selalu menarik bagi tim mana pun. Ada banyak hal yang sudah dinegosiasikan saat ini, tapi kami masih jauh dari kemampuan turun di sana," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Belum Tentukan Pabrikan

Lundberg pun menyatakan bahwa pihaknya baru akan valid menargetkan turun di MotoGP pada 2022, karena kontrak seluruh pabrikan dan tim peserta MotoGP akan habis pada akhir 2021. Ia juga mengaku belum menentukan pabrikan mana yang ingin diajak kerja sama oleh Leopard.

"Rumor yang beredar di paddock memperkuat kabar ini, dan saat ini kami ingin bisa melakukan sesuatu di MotoGP pada 2022. Tapi kita lihat saja nanti apakah kami memang siap, dan jika salah satu pabrikan punya tempat untuk tim kami, maka semuanya pasti bakal mengalir sendiri," tutupnya.

Leopard masih bisa mengambil alih tempat Esponsorama, namun juga bisa jadi tim satelit Suzuki. Namun, soal Suzuki, tampaknya mereka juga harus bersaing dengan VR46, yang juga mulai memikirkan untuk melebarkan sayap dari Moto3 dan Moto2 ke kelas para raja.

Sumber: Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR