Leopard Racing Jelaskan Alasan Usir Darryn Binder dari Garasi di Moto3 Algarve

Anindhya Danartikanya | 8 November 2021, 16:10
Darryn Binder dan Dennis Foggia (c) Petronas SRT, Leopard Racing
Darryn Binder dan Dennis Foggia (c) Petronas SRT, Leopard Racing

Bola.net - Leopard Racing, tim yang menaungi Dennis Foggia, membeberkan alasan krunya mengusir Darryn Binder dari garasi mereka usai sesi balap Moto3 Algarve di Portimao, Portugal, Minggu (7/11/2021). Seperti yang diketahui, Binder menabrak Foggia pada lap terakhir dan memupuskan kans rider Italia itu untuk merebut gelar.


Tiba di Algarve, Foggia tertinggal 21 poin dari Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta. Sama kuat dan berduel memperebutkan kemenangan, ada kans perebutan gelar berlanjut di Seri Valencia pada 12-14 November. Namun, kontroversi terjadi pada awal lap terakhir, di mana Acosta memimpin sementara Foggia ada di posisi kedua.

Binder hendak menyalip Sergio Garcia yang ada di posisi ketiga dari jalur dalam, namun justru menabrak bagian belakang motor Foggia. Foggia dan Garcia jatuh dan gagal finis, sementara Acosta menang dan mengunci gelar. Binder yang melewati garis finis di posisi keempat akhirnya didiskualifikasi oleh FIM Stewards.

1 dari 2 halaman

Juga Minta Maaf Secara Publik

Usai balap, Binder pun segera pergi ke garasi Leopard Racing, didampingi Direktur Tim Petronas Sprinta Racing, Johan 'Stiggy' Stigefelt. Sesampainya di sana, Binder diusir oleh anggota tim Leopard Racing sekaligus Foggia. Dalam pernyataan resmi di situs timnya sendiri, Binder menyampaikan permintaan maaf secara publik.

"Saya hanya ingin minta maaf. Saya coba menyalip Sergio Garcia, mengerem, dan tiba-tiba melihat Dennis Foggia di depan saya. Tak ada ruang bagi saya untuk menghindar. Saya sungguh minta maaf padanya, timnya, dan Garcia atas kecelakaan itu," tulis rider yang musim depan naik ke MotoGP bersama WithU Yamaha RNF ini.

"Sudah jelas ini hal terakhir yang saya inginkan terjadi, terutama dengan Dennis yang memperebutkan gelar dunia, dan itu jelas bukan maksud saya. Sekali lagi, saya hanya ingin meminta aaf kepada semua orang yang terlibat," lanjut Binder, yang juga merupakan adik dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder.

2 dari 2 halaman

Bukan Waktu yang Tepat untuk Minta Maaf

Beberapa waktu setelah drama yang terjadi di garasi mereka, Leopard Racing pun merilis pernyataan resmi soal pengusiran pada Binder. Mereka menyatakan bahwa waktu yang dipilih Binder untuk datang dan meminta maaf tidaklah tepat, karena seluruh anggota tim dalam keadaan panas dan emosional.

"Kami tak menginginkan kehadiran Darryn Binder di garasi kami karena jelas, usai memutuskan kans Dennis Foggia memperebutkan gelar, bisa dimaklumi bahwa kami berpikir momen tersebut tidaklah tepat," tulis tim yang pernah menjuarai Moto3 dengan Danny Kent dan Joan Mir itu.

"Darryn Binder telah membuang segala usaha dan kerja keras tim kami tahun ini. Itu bukan sekadar insiden balap. Terima kasih karena sudah memahaminya. Yang terpenting adalah Dennis Foggia baik-baik saja usai kecelakaan itu," pungkas Leopard Racing.

Sumber: Petronas Sprinta Racing, Leopard Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR