Lempar Pujian, Vinales Sebut Quartararo Untungkan Yamaha

Anindhya Danartikanya | 10 Mei 2019, 12:55
Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (c) Yamaha/SRT
Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (c) Yamaha/SRT

Bola.net - - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tak kecil hati melihat performa garang debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo di sepanjang pekan balap MotoGP Jerez, Spanyol akhir pekan lalu, demikian yang dilansir Paddock GP.


Selama pekan balap, baik Vinales maupun Valentino Rossi kerap diasapi Quartararo dan Franco Morbidelli, terutama di sesi kualifikasi. Saat Quartararo dan Morbidelli duduk di posisi 1-2, Vinales dan Rossi justru ada di posisi 5 dan 13.

Dalam sesi balap, duet Petronas sempat unggul atas duet Monster. Quartararo sempat duduk di posisi kedua, sebelum gagal finis akibat gear shifter yang rusak. Morbidelli yang sempat ikut memperebutkan podium, mengalami masalah ban dan finis ketujuh usai disalip Rossi.

Vinales sendiri finis ketiga dan naik podium. "Jujur saja, motor kami semua sangat mirip. Pada awal balapan, saya coba berakselerasi lebih halus, dan kemudian konsumsi ban mulai memengaruhi. Sejatinya saya bisa lebih cepat lagi," ujar Top Gun.

1 dari 2 halaman

Quartararo Jadi Motivasi

Level performa Quartararo pun dinilai Vinales sebagai bukti ada harapan bagi Yamaha untuk mengalami kemajuan, mengingat Jerez tak bersahabat dengan YZR-M1 selama dua tahun sebelumnya. Rider Spanyol ini juga menyebut El Diablo punya potensi besar.

"Jerez trek yang sangat sulit bagi Yamaha, tapi Fabio mampu berkendara sangat cepat dan konsisten sepanjang pekan balap. Ini berarti ia rider yang sangat baik. Menyenangkan punya rider seperti dia di Yamaha, yang bisa mendorong kami lebih jauh dan memahami motor lebih baik," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Bisa Dapat Lebih Banyak Data

Vinales juga berharap Quartararo dan Morbidelli mampu mempertahankan performa positif ini dalam seri-seri berikutnya. Semakin baik performa mereka, semakin banyak pula data yang bisa dianalisa oleh teknisi Yamaha demi kembali konsisten bertarung di papan atas.

"Petronas menunjukkan kecepatan yang sangat baik pada lap-lap pertama. Jika melihat performa tim satelit, ada banyak hal yang harus kami dipahami dan diperbaiki. Menurut saya penting Fabio dan Franco bisa melaju cepat, jadi kami punya data lebih banyak untuk dipelajari," pungkas Vinales.

Saat ini, Rossi masih menjadi rider Yamaha dengan posisi terbaik di klasemen pebalap, dengan koleksi 61 di peringkat keempat. Vinales berada di peringkat keenam dengan 30 poin, sementara Morbidelli di peringkat 10 dengan 25 poin, dan Quartararo di peringkat 13 dengan 17 poin.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR