BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Legenda Formula 1, Niki Lauda Meninggal Dunia

21-05-2019 09:15 | Anindhya Danartikanya

Legenda Formula 1, Niki Lauda. (c) AFP Legenda Formula 1, Niki Lauda. (c) AFP

Bola.net - Tiga kali juara dunia sekaligus legenda Formula 1, Niki Lauda, meninggal dunia dalam usia 70 tahun pada Senin (20/5) malam waktu Austria, demikian yang dilansir oleh The Guardian.

Semasa kariernya, Lauda meraih gelar 1975 dan 1977 bersama Ferrari, serta bersama McLaren pada 1984. Peristiwa yang paling diingat oleh publik mengenai dirinya adalah kecelakaan hebat yang ia alami di Nurburgring, Jerman, pada 1976.

Kecelakaan ini membuatnya mengalami luka bakar yang cukup parah di sekujur tubuh dan kepala, dan nyawanya sempat terancam usai menghirup udara beracun dari kebakaran mobilnya. Ia kembali balapan enam pekan kemudian, yakni di Sirkuit Monza, Italia.

1 dari 2 halaman

Sempat Operasi

Legenda Formula 1, Niki Lauda. (c) AFP Legenda Formula 1, Niki Lauda. (c) AFP

Usai pensiun pada tahun 1985, Lauda pun masih aktif berkegiatan di paddock F1. Selama beberapa tahun terakhir, ia pun menjabat sebagai salah satu penasihat di tim Mercedes AMG Petronas, yang meraih gelar dunia selama lima tahun terakhir bersama Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Lauda diketahui sempat menjalani operasi transplantasi paru-paru pada Agustus tahun lalu, dan kembali dirawat di rumah sakit Vienna, Austria pada Januari akibat terserang flu parah saat berlibur di Ibiza, Spanyol.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Keluarga Lauda

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki kami yang tercinta telah meninggal dalam damai didampingi keluarganya pada Senin (20/5).

"Pencapaiannya yang unik sebagai atlet dan pengusaha takkan pernah terlupakan. Begitu pula semangat atas aksinya, kejujurannya, dan keberaniannya.

"Seorang panutan dan patokan bagi kita semua, ia merupakan seorang suami yang penuh cinta dan kepedulian, seorang ayah dan kakek ketika jauh dari sorotan publik, dan ia akan sangat dirindukan."

Paddock Formula 1 sendiri akhir pekan nanti akan menjalani seri keenam musim ini di sirkuit jalanan legendaris, Monte-Carlo, Monako, yakni seri balap yang pernah dimenangi Lauda pada 1975 dan 1976.

KOMENTAR