Legawa Tetap Bela Pramac, Johann Zarco: Yang Penting Dapat Motor Pabrikan

Anindhya Danartikanya | 24 Juni 2022, 12:42
Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo
Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo

Bola.net - Johann Zarco belum menandatangani perpanjangan kontrak dengan Ducati Corse, namun hampir 100% bakal bertahan di Prima Pramac Racing di MotoGP 2023. Dalam jumpa pers Seri Belanda di Sirkuit Assen, Kamis (23/6/2022), ia pun mengaku bertahan di tim dan pabrikan yang sama bakal sangat positif bagi kariernya.


Zarco bergabung dengan Ducati pada 2020 lewat Esponsorama Racing. Setahun setelahnya, ia naik pangkat untuk membela Pramac, bertandem dengan Jorge Martin. Ia belum pernah meraih kemenangan di kelas para raja, namun selama bernaung di Ducati sampai Seri Jerman akhir pekan lalu, ia mengoleksi sembilan podium.

Menjelang balapan di Assen, Zarco tengah duduk di peringkat ketiga pada klasemen pembalap dengan 111 poin, tertinggal 61 poin dari Fabio Quartararo di puncak. Melihat konsistensinya bertarung di depan, Ducati pun bertekad mempertahankannya di Pramac. Meski tak diperhitungkan ke tim pabrikan, Zarco santai-santai saja.

1 dari 2 halaman

Ducati Sudah Yakin Soal Johann Zarco

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo

Meski tetap membela Pramac, Zarco menyatakan sudah sangat bersyukur dipercaya Ducati untuk selalu mengendarai Desmosedici paling anyar di tiap musim. "Dapat motor pabrikan Ducati di Pramac sudah sangat bagus bagi saya. Jadi, ya, kita bisa bilang bahwa saya akan lanjut di Ducati," ujarnya seperti yang dikutip Crash.net.

"Kontrak belum ditandatangani, namun hampir 100% pasti. Saya rasa kurang lebih Ducati sudah tahu soal semua rider yang akan mereka miliki musim depan. Mereka hanya belum 100% yakin siapa yang akan mereka jadikan tandem Pecco (Bagnaia)," ujarnya, merujuk pada Martin dan Enea Bastianini.

Zarco uniknya sempat memberikan saran kepada para bos Ducati soal siapa yang bisa dipilih jadi tandem Bagnaia. "Saya berkata pada (Paolo) Ciabatti) dan (Gigi) Dall'Igna sambil bercanda, jika ragu memilih rider Italia atau Spanyol, mereka bisa ambil jalan tengah: pilih rider Prancis!" ungkap juara dunia Moto2 2015 dan 2016 ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Fabio Quartararo

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) MotoGP.com

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) MotoGP.com

Zarco juga mendapatkan dukungan dari Quartararo, rider Monster Energy Yamaha yang juga kompatriotnya. El Diablo mengaku mengamati performa Zarco musim ini, dan menurutnya rider 31 tahun itu salah satu yang tertangguh.

"Jika Anda lihat 5-6 balapan terakhir, Johann selalu ada di depan, memperebutkan podium. Jadi, menurut saya saat ini dia rider paling konsisten di Ducati. Saya tak paham mengapa ia juga tak dipertimbangkan untuk tim pabrikan," ungkap juara dunia MotoGP 2021 ini.

Ducati sendiri belum diketahui kapan akan mengumumkan kontrak baru Zarco dengan Pramac. Di lain sisi, Ciabatti sebagai sang sporting director menyatakan bahwa pihaknya baru akan memilih rider kedua Ducati Lenovo Team pada Agustus mendatang.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR