BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Lagi-Lagi Senggol Alex Albon, Lewis Hamilton Ikhlas Dihukum

06-07-2020 09:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Pebalap Aston Martin Red Bull Racing Honda, Alexander Albon, dan pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, menjadi sorotan pada Formula 1 GP Austria pada Minggu (5/7/2020), usai kembali bersenggolan di Tikungan 4 Sirkuit Red Bull Ring, hanya beberapa lap menjelang finis.

Usai melakukan pit stop dan menggunakan ban lunak dalam periode Safety Car, Albon berusaha menyalip Hamilton dari jalur luar Tikungan 4. Nyatanya, ban kiri depan Hamilton menyenggol ban belakang kanan Albon dan membuat pebalap Thailand itu mengalami spin dan keluar ke area gravel.

Akibat insiden ini, Hamilton yang melewati garis finis di posisi kedua dijatuhi hukuman lima detik, dan dinyatakan finis keempat. Albon sendiri gagal finis usai mobilnya bermasalah. Senggolan ini juga membuat Albon kembali gagal meraih podium perdana di F1, setelah mengalami insiden serupa dengan Hamilton di Brasil tahun lalu.

1 dari 3 halaman

Sudah Beri Ruang ke Hamilton

"Saya masih sedikit panas saat ini, jadi saya harus hati-hati dalam bicara. Memang beginilah adanya, tapi rasanya saya benar-benar bisa menang. Tentu Mercedes punya ritme yang luar biasa, tapi tim kami melancarkan strategi dengan baik dan jujur saja, saat saya melakukan pitstop saya tak sungguh-sungguh tahu apa yang terkajadi," ujar Albon usai balap kepada Crash.net.

"Sekalinya pertarungan dimulai lagi, saya merasa sangat kuat, dan saya tahu lima lap pertama (usai restart) adalah momen di mana saya akan menyalip. Saya percaya diri dan mobil kami sangat baik. Rasanya 50:50 seperti Brasil, tapi saya merasa kali ini bisa lebih kuat dan sudah fokus pada (Valtteri) Bottas," lanjutnya.

Albon pun yakin insiden ini memang dipicu oleh kesalahan Hamilton. "Memang selalu ada risiko menyalip dari jalur luar tikungan, tapi saya sudah memberinya ruang selebar mungkin. Saya sudah benar-benar mencapai limit. Saya tahu selama saya memberinya ruang, maka terserah dia mau kecelakaan atau tidak," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Bisa Dilarang Balapan Sekali

Selain dihukum lima detik, Hamilton juga mendapatkan 2 poin penalti akibat insiden ini. Alhasil, kini ia 'mengoleksi' 7 poin penalti, hanya tertinggal 5 poin saja dari larangan satu kali balapan. Padahal, sebelumnya Hamilton sudah dijatuhi 2 poin penalti karena dinilai mengabaikan bendera kuning pada sesi kualifikasi, yang membuatnya dihukum mundur tiga posisi saat start.

"Kemarin (kualifikasi) adalah salah saya sepenuhnya, meski rasanya aneh mereka menjatuhkan hukuman saat kami sudah mempersiapkan diri untuk balapan, tapi beginilah adanya. Saya tak merasa jatuh, justru makin berani untuk tampil sebaik mungkin," ungkap enam kali juara dunia.

"Sungguh situasi yang tak menguntungkan bagi Alex. Saya tak percaya kami bersenggolan lagi, tapi sama merasa itu hanya insiden balap biasa. Meski begitu, saya menerima hukuman yang mereka rasa saya layak dapatkan, dan kemudian saya akan menatap ke depan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR