BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kuasai MotoGP dan WorldSBK, Ducati Tetap Membumi

29-04-2019 10:10 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso dan Alvaro Bautista (c) Ducati Andrea Dovizioso dan Alvaro Bautista (c) Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti ingin pihaknya tetap membumi meski tengah memimpin klasemen sementara MotoGP dan WorldSBK. Kepada Motorsport.com, Ciabatti mengaku Ducati sangat senang melihat situasi ini, namun sadar bahwa masih banyak seri tersisa di musim ini dan apa pun bisa terjadi.

Saat ini, Andrea Dovizioso dan Alvaro Bautista masing-masing tengah memimpin klasemen pebalap di MotoGP dan WorldSBK. Tak hanya itu, Ducati juga tengah memuncaki klasemen tim dan konstruktor di kedua kejuaraan ini. Di WorldSBK, mereka bahkan punya keunggulan besar.

Bautista menyapu bersih 11 kemenangan dalam 4 seri WorldSBK dan tak dapat ancaman berarti dari para rival. Ia mengoleksi 236 poin, unggul 53 poin dari Jonathan Rea. Dovizioso sendiri meraih dua podium dan satu kemenangan, dan tengah mengoleksi 54 poin, hanya unggul 3 poin dari Valentino Rossi.

1 dari 2 halaman

Pertama Kalinya Terjadi

Sebelum Dovizioso-Bautista, ada tiga pasangan rider Ducati lain yang pernah memimpin klasemen MotoGP dan WorldSBK pada saat yang sama. Yang pertama terjadi pada April 2006, saat Loris Capirossi memimpin MotoGP dan Troy Bayliss memimpin WorldSBK. Meski begitu, hanya Bayliss yang akhirnya merebut gelar.

Pada 2008, hal ini terulang, di mana Casey Stoner memimpin klasemen di MotoGP, dan Bayliss kembali memimpin di WorldSBK. Lagi-lagi, hanya Bayliss yang menjadi juara dunia. Momen serupa terjadi lagi pada 2009, Stoner memimpin MotoGP, dan Noriyuki Haga memimpin WorldSBK. Sayang, keduanya gagal merebut gelar.

Meski begitu, 2019 adalah pertama kalinya Ducati memimpin baik klasemen pebalap, tim, maupun konstruktor di MotoGP dan WorldSBK. Hal ini diakui Ciabatti membuat pihaknya sangat senang. "Kami tengah menjalani momen yang sangat positif dalam sejarah keikutsertaan kami di ajang olahraga, meski musim ini masih sangat panjang dan banyak hal bisa terjadi," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Kaget di WorldSBK, Puas di MotoGP

Ciabatti pun mengaku pihaknya kaget melihat dominasi Bautista di WorldSBK, mengingat kejuaraan tersebut dikuasai oleh Jonathan Rea dan Kawasaki Racing Team selama empat tahun terakhir. Sementara di MotoGP, Ducati punya kepuasan tersendiri. Selain Dovizioso tengah memimpin klasemen, mereka berhasil tampil kompetitif di Argentina dan Austin.

"Performa Alvaro dan Panigale V4R sungguh spektakuler, bahkan melebihi ekspektasi. Soal MotoGP, kami mampu tampil baik di dua sirkuit yang menurut sejarah sangat sulit bagi kami, seperti Argentina dan Austin. Jelas kami sangat puas, tapi pada saat yang sama kami harus tetep memijak bumi," pungkasnya.

Para rider Ducati MotoGP akan kembali turun lintasan di Circuito de Jerez - Angel Nieto, Spanyol pada 3-5 Mei nanti, sementara para rider Ducati WorldSBK akan kembali tampil di Sirkuit Imola, Italia pada 10-12 Mei.

Sederet Kontroversi Liverpool Kalahkan Man City

KOMENTAR