BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'KTM Tak Boleh Terlena Hasil Pol Espargaro di Le Mans'

23-05-2019 15:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro. (c) KTM Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro. (c) KTM

Bola.net - Test rider Honda Racing Corporation (HRC) sekaligus pengamat MotoGP, Stefan Bradl menyarankan KTM untuk tak kelewat terlena atas hasil gemilang Pol Espargaro di MotoGP Le Mans, Prancis, akhir pekan lalu. Dalam balapan itu, Espargaro sukses finis di posisi 6, hasil terbaik KTM dalam kondisi kering.

Tak hanya itu, Espargaro juga hanya finis 5,9 detik di belakang sang pemenang, Marc Marquez/ Espargaro mengaku sulit percaya hasil ini bisa diraih hanya dalam kurun 2,5 tahun, namun Bradl, yang punya andil besar dalam pengembangan Honda setahun belakangan, memberi peringatan kepada KTM agar tak terlena.

"Ini jelas sinyal yang sangat baik. Mereka bisa berbangga soal hasil ini, tapi saya ingin menunggu perkembangan mereka di balapan-balapan selanjutnya. Mereka jelas mengalami kemajuan dan lebih dekat dengan grup terdepan. Tapi jangan terlena satu balapan saja. Ini baru seri kelima, dan mereka harus mengonfirmasi kemajuan ini setiap dua pekan," ujarnya lewat Motorsport Total.

1 dari 2 halaman

Berkat Kerja Keras KTM di Uji Coba

Meski begitu, Bradl tetap salut pada performa Espargaro. Menurutnya, ini semua adalah hasil jerih payah KTM, yang selama sebulan terakhir menjalani uji coba tertutup di Le Mans dan Jerez untuk menjajal berbagai perangkat baru, termasuk swingarm karbon, yang dipamerkan secara publik untuk pertama kali akhir pekan lalu.

"Performa Pol sangat kuat, dan KTM telah menjajal banyak hal selama beberapa pekan terakhir sejak seri pembuka di Jerez. Mereka mencoba berbagai perangkat baru. Cuaca Le Mans juga sulit, tak ada yang punya persiapan matang sejak sesi latihan. Tapi Pol menuju arah yang tepat sejak momen pertama," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sayangkan Performa Zarco

Di lain sisi, juara dunia Moto2 2011 asal Jerman ini mengaku menyayangkan Johann Zarco belum juga mampu bersaing dengan Espargaro, dan hanya mampu finis di posisi 13. Bradl pun yakin rider Prancis itu butuh waktu lebih banyak untuk beradaptasi dengan RC16.

"Johann harus bekerja lebih keras. Dengan begitu KTM bisa mengejar di klasemen tim dan konstruktor. Saat ini Pol bekerja sangat baik. Tak mudah bagi KTM untuk bekerja dengan dua arah pengembangan. Pol sudah lama berada di KTM, dan Johann masih sulit beradaptasi. Tapi saya rasa ia hanya butuh waktu," tutupnya.

Saat ini Espargaro duduk di peringkat 9 pada klasemen pebalap dengan koleksi 31 poin, sementara Zarco ada di peringkat 15 dengan 10 poin. KTM berada di peringkat 5 pada klasemen konstruktor dengan 31 poin, sementara Red Bull KTM Factory Racing duduk di peringkat 8 pada klasemen tim dengan 41 poin.

Detik-Detik Bentrokan Maut Antar Suporter Bola di Honduras

KOMENTAR