BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

KTM Sudah Daftar Wildcard Kedua, Dani Pedrosa Bakal Dievaluasi Lagi

22-07-2021 12:14 | Anindhya Danartikanya

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, menegaskan sama sekali tak mematok target hasil balap yang muluk untuk Dani Pedrosa di MotoGP Styria pada 6-8 Agustus mendatang. Kepada Speedweek, Selasa (20/7/2021), ia pun menyatakan hal ini karena tugas utama Pedrosa hanyalah menjajal perangkat baru.

Seperti yang diketahui, Pedrosa akan turun balapan di Seri Styria, yakni kandang KTM, dengan fasilitas wildcard, usai memutuskan pensiun pada akhir 2018 lalu. KTM pun berdalih bahwa Pedrosa diturunkan agar bisa memahami situasi persaingan yang sesungguhnya di trek, demi dijadikan patokan dalam pengembangan RC16.

Atas alasan inilah KTM tak meminta Pedrosa tampil mentereng, apalagi motor RC16 yang ia gunakan nanti akan cukup berbeda dari yang dipakai Miguel Oliveira, Brad Binder, Danilo Petrucci, dan Iker Lecuona. Leitner menyatakan RC16 Pedrosa nanti akan dilengkapi oleh beberapa perangkat baru untuk musim 2022.

1 dari 3 halaman

Congkak Kalau Berekspektasi Tinggi

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Polarity Photo Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Polarity Photo

"Hasil balap akan jadi hal sekunder dalam event tunggal seperti ini, dan itu jelas. Kami akan menerapkan ide-ide kami untuk 2022 pada motor Dani. Bakal sangat membantu jika kami bisa pakai komponen-komponen ini di lintasan. Takkan ada perubahan besar, namun ada banyak detail yang kami kembangkan untuk masa depan," ujar Leitner.

Leitner sendiri dikenal sebagai eks crew chief Pedrosa di Repsol Honda sampai akhir 2013 lalu, hingga ia paham betul kekuatan rider Spanyol tersebut. Namun, pria asal Austria ini tetap menyatakan bahwa pihaknya takkan meminta Pedrosa meraih hasil muluk, karena menurutnya hal itu tak masuk akal untuk dilakukan.

"Kami bisa dapat konfirmasi untuk pengembangan motor dengan cara bertarung dengan para rival. Kami akan menerima hasil apa pun dari Dani. Bakal congkak jika kami berekspektasi tinggi, apalagi ia sudah lama tak balapan. Tapi ia rider yang spesial, terutama dalam balapan, biasanya mampu memberi kejutan," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Daftar, Tapi Belum Tentu Dipakai

Tak hanya turun di Seri Styria, Pedrosa pun digosipkan bakal turun balapan juga di Seri Misano pada 17-19 September nanti, meski KTM belum ambil keputusan final. Leitner pun tak memungkiri pihaknya memang sudah mendaftarkan fasilitas wildcard kedua kepada FIM, IRTA, dan Dorna Sports.

Meski begitu, Leitner menyatakan wildcard ini belum tentu akan dipakai Pedrosa. Keputusan final baru akan diambil usai KTM mengevaluasi performa rider 35 tahun itu di Styria. "Kami baru merencanakan Spielberg. Kami telah mendaftarkan wildcard kedua tahun ini, tapi keputusan akan diambil usai balapan di Spielberg," tuturnya.

"Kami harus mengevaluasi apa yang dihasilkan dari wildcard ini dan melihat apakah Dani nyaman. Ada risiko menjalani balapan, dan Dani sudah resmi pensiun. Setelah Spielberg, barulah kami akan putuskan kami akan menjalani wildcard kedua dengan Dani atau tidak," pungkas Leitner.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR