BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

KTM Sinyalir Ogah Jadikan Danilo Petrucci Test Rider di MotoGP 2022

06-07-2021 15:07 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyatakan keraguannya menjadikan Danilo Petrucci sebagai test rider MotoGP mulai musim depan. Kepada Speedweek, Minggu (4/7/2021), Bierer menyatakan pihaknya saat ini masih sangat puas atas kinerja Dani Pedrosa dan Mika Kallio, hingga tak terpikir mencari test rider baru.

Kallio jadi test rider KTM sejak awal 2016, setahun sebelum mereka turun penuh di MotoGP. Pedrosa lalu menyusul pada akhir 2018, usai memilih pensiun. Tugas Pedrosa pun sangat fokus pada pengembangan motor dan menjalani uji coba tertutup, sementara Kallio bertugas menjajal perangkat baru dan jadi pembalap cadangan.

Di lain sisi, posisi Petrucci di Tech 3 KTM Factory Racing kini tengah terancam. Ia dan Iker Lecuona bisa jadi terdepak karena Remy Gardner dipastikan membela tim itu mulai 2022, dan diperkirakan akan kembali ditandemkan dengan Raul Fernandez. Lalu, apakah Petrucci bisa dimanfaatkan sebagai test rider KTM selanjutnya?

1 dari 3 halaman

Puas Kinerja Pedrosa-Kallio, Petrucci Lirik Reli Dakar

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Beirer pun menjawab pertanyaan tersebut dengan penuh keraguan. Pasalnya, KTM sejauh ini tak punya masalah dengan kinerja Pedrosa dan Kallio. "Kedua test rider kami sudah menguntungkan kami. Pada suatu hari nanti, jelas kami akan mempertimbangkan test rider yang lebih muda," ungkap pria asal Jerman ini.

"Namun, saat ini kami sangat nyaman dengan dua test rider yang kami punya. Tugas Mika seringnya berbeda dari tugas Dani. Ada beberapa tugas dasar dalam uji coba MotoGP, ketika Anda harus menjajal sasis baru, shock absorber, atau fork. Jadi, Mika juga punya tugas penting seperti Dani," lanjut Bierer.

Petrucci sendiri diketahui sudah punya rencana masa depan jika memang akan terdepak dari Tech 3 KTM. Rider Italia ini bertekad banting setir ke enduro dan fokus di Reli Dakar bersama KTM. Ia bahkan sudah sempat ikut Reli Sardinia pada awal tahun ini. Alhasil, kans untuk jadi test rider KTM di MotoGP masih tetap terbuka.

2 dari 3 halaman

Dalam Tekanan Tentukan Rider Kedua Tech 3

Jika hal itu terjadi, Beirer sendiri mengaku takkan menutup kemungkinan untuk memberikan jatah tiga wildcard kepada Petrucci, bahkan bisa jadi rider cadangan. Namun, pria yang juga eks pembalap motocross ini kembali menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tak punya niatan mendepak Pedrosa atau Kallio.

Di lain sisi, Beirer mengaku maklum mengapa rumor-rumor ini mendadak muncul di paddock MotoGP. "Apa pun bisa terjadi. Namun, ini hanya spekulasi. Sama sekali bukan masalah. Kami punya dua test rider yang sangat baik. Tentu ada tekanan karena salah seorang rider Tech 3 harus pergi usai Remy dipastikan naik kelas," ujarnya.

"Kini kami harus menunggu keputusan apa yang akan kami ambil. Punya test rider seperti Danilo dalam keluarga kami, yang punya level tinggi untuk dijadikan pembalap pengganti ketiga pembalap reguler kami cedera, tentu sebuah ide cemerlang," pungkas Beirer.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021

KOMENTAR