KTM Siap Bantu Danilo Petrucci Banting Setir dari MotoGP ke Reli Dakar

Anindhya Danartikanya | 12 Juli 2021, 13:54
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) Tech 3 KTM Factory Racing
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) Tech 3 KTM Factory Racing

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyatakan pihaknya bersedia mendukung rider Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci, jika ia ingin turun di Reli Dakar. Hal ini dinyatakan Beirer kepada Motorsport Espana, Sabtu (10/7/2021), ketika masa depan Petrucci sedang menjadi tanda tanya besar di paddock MotoGP.


Petrucci diketahui tak lagi membela Ducati Team pada 2021 sejak awal 2020, ketika Jack Miller diumumkan sebagai penggantinya. KTM pun langsung memberinya kontrak kerja sama setahun. Sejauh ini, Petrux belum naik podium lagi, namun beberapa kali menunjukkan performa apik, bahkan berhasil finis kelima di Le Mans.

Sayangnya, posisi rider Italia itu di Tech 3 terancam. Pasalnya, Remy Gardner sudah dipastikan akan membela tim tersebut tahun depan, dan berpotensi kembali ditandemkan dengan Raul Fernandez seperti di Moto2 saat ini. Petrucci sendiri ingin bertahan, namun ia sudah menyiapkan rencana masa depan: Reli Dakar.

1 dari 3 halaman

Reli Dakar Sudah Jadi Impian Sejak Kecil

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Petrucci diketahui sebagai salah satu rider MotoGP yang sangat mencintai dunia off-road. Awal tahun ini, rider berusia 30 tahun itu bahkan sempat ikut kejuaraan enduro Reli Sardinia. Ia pun tak menutupi bahwa salah satu cita-citanya sejak kecil memang turun di ajang macam ini, termasuk yang paling bergengsi, yakni Reli Dakar.

"Saya percaya pada KTM, karena mereka percaya pada saya sejak awal tahun lalu. Saya tak punya tenggat waktu untuk bicara dengan mereka, namun saya sangat bersyukur. Jika ada kesempatan, saya akan ingin lanjut di MotoGP. Tapi saya semakin kepikiran soal off-road, karena di sanalah karier saya dimulai," ungkapnya.

"Sebelum mencapai usia 15, saya selalu latihan motocross dan kerap berkata bahwa impian saya adalah ikut Dakar. Saat ini, saya cukup tua untuk MotoGP, namun cukup muda untuk Dakar. Mungkin waktunya sudah datang untuk melakukannya. Ketika saya naik motor, saya selalu bahagia, entah itu MotoGP atau dirt bike," lanjut 'Petrux'.

2 dari 3 halaman

Kalau Petrucci Mau, Kerja Sama Bisa Dijalin

Petrucci bahkan menyatakan, andai ia tak dapat tempat di MotoGP pada 2022, dirinya tak mau pindah ke WorldSBK walau selalu banjir tawaran tiap tahun. Ia tetap ngotot akan lebih memilih mencari cara turun di Reli Dakar, dan Beirer pun tak memungkiri bahwa pihaknya sangat tertarik mewujudkan impian Petrucci tersebut.

"Pertama, saya ingin bilang bahwa kami masih punya pekerjaan yang harus dilakukan di paddock ini. Ini semua belum berakhir. Kami takkan menutup tahapan ini tanpa meraih hasil sukses bersama," ungkap Beirer, yang merupakan eks pembalap motocross dan juga membawahi divisi off-road KTM.

"Danilo punya target besar pada level personalnya. Ia orang yang baik, kami sangat menyukainya dan kami senang bekerja dengannya. Kami juga menyukai ayahnya karena kami sudah mengenalnya bertahun-tahun, sejak ia bekerja di KTM. Jadi, jika Danilo menginginkan kerja sama, saya yakin kami bisa jadi partner," tutupnya.

Sumber: Motorsport Espana

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR