KTM Sebut Reli Dakar Bentuk Permintaan Maaf pada Danilo Petrucci

Anindhya Danartikanya | 30 Januari 2022, 14:30
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, mengonfirmasi bahwa slot Reli Dakar 2022 yang diberikan kepada Danilo Petrucci merupakan bentuk permintaan maaf mereka karena tak bisa memperpanjang kontraknya di MotoGP. Hal ini disampaikan Beirer lewat Crash.net, Jumat (29/1/2022), usai melihat debut fantastis Petrucci di Dakar.

Usai sembilan musim membela Ducati, Petrucci pindah ke Tech 3 KTM Factory Racing di MotoGP 2021. Sayang, hasilnya tak sementereng di Ducati, dan KTM bertekad menggaet rider muda seperti Remy Gardner dan Raul Fernandez. Namun, KTM mengagumi sosok Petrucci yang supel, sehingga perpisahan ini diakui Beirer 'menyakitkan'.

KTM pun menawarkan kans di Dakar 2022, mengingat Petrucci rider off-road yang sangat kompetitif, dan talentanya ini diakui para rider MotoGP yang kerap latihan motocross dengannya. Tak hanya itu, Dakar juga sudah jadi impian Petrucci sejak anak-anak. Namun, tak ada yang menduga bahwa ia mampu langsung tampil garang.

1 dari 2 halaman

Perpisahan Menyakitkan di MotoGP

Danilo Petrucci usai finis di MotoGP Valencia 2021. (c) KTM Images

Danilo Petrucci usai finis di MotoGP Valencia 2021. (c) KTM Images

Meski tak dapat kontrak semusim penuh dari KTM seperti Toby Price, Matthias Walkner, dan Kevin Benavides, Petrucci tetap dapat gaji, serta bonus jika mampu finis. Ia konsisten memperebutkan podium, bahkan memenangi Etape 5. Ia pun jadi eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi sebuah etape di Reli Dakar.

"Danilo bekerja dengan sangat menakjubkan. Ketika ia mengumumkannya, orang pikir ini hanya akal-akalan pemasaran. Saya rasa tak seorang pun paham rencana di belakangnya. Namun, saya benar-benar tahu ia rider off-road yang sangat andal, saya juga tahu ia punya mimpi ini, dan kami menyayanginya sebagai kawan," tutur Beirer.

"Perpisahan kami di MotoGP sangat menyakitkan bagi saya, dan kami merasa ini (Dakar) hal yang bisa kami berikan padanya sebagai hadiah. Bukan karena kami butuh satu lagi rider kuat, karena tim kami sudah sangat kuat, melainkan murni hadiah penghormatan atas apa yang sudah ia lakukan untuk kami," lanjut eks rider motocross ini.

2 dari 2 halaman

Pahami Talenta Petrucci Sampai Harus Potong Bonus

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer (c) KTM Images

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer (c) KTM Images

Beirer sendiri mengaku KTM tak mengira Petrucci bakal memenangi Etape 5, meski paham betul potensinya di arena off-road. Saking yakinnya pada talenta 'Petrux', Beirer bahkan memutuskan memotong bonus untuknya, karena tak ingin rider Italia berusia 31 tahun itu kelewat semangat saat berlaga di Reli Dakar.

Beirer mengaku KTM juga ingin Petrucci 'aman' selama turun di ajang motorsport paling berbahaya di bumi itu. "Ia makin cepat setiap hari dan memenangkan satu etape. Ini gila! Melampaui ekspektasi. Pasalnya, kami memberinya gaji dan saya bilang, 'tapi aku akan memotong semua bonus'," kisah Beirer.

"Danilo bertanya, 'kenapa?' saya bilang, 'kami akan memberikan bagian kedua bonus dari gajimu jika kau bisa finis. Saya tak mau Danilo kelewat 'panas' sampai-sampai ia melaju kelewat cepat dan jatuh jika melihat kans naik podium dan bisa dapat bonus. Tapi ia mampu memenangkan satu etape. Semua ini fantastis," tutupnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR