BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

KTM Sebut Miguel Oliveira-Brad Binder 'Dream Team' di MotoGP

16-07-2021 14:35 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com
Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyatakan sama sekali tak pernah meragukan talenta dan kemampuan Miguel Oliveira dan Brad Binder sejak mereka bernaung di bawah atap KTM. Kepada Motorsport.com, seperti yang dikutip Motorsport Total, Senin (12/7/2021), Beirer bahkan menyebut mereka sebagai 'dream team' di MotoGP 2021.

Oliveira dan Binder, yang uniknya juga merupakan kawan baik, mulai bertandem di Moto3 2015, saat membela Red Bull KTM Ajo. Oliveira, yang kala itu jadi runner up, naik ke Moto2 2016 bersama Leopard Racing, namun akhirnya kembali ke KTM Ajo pada 2017. Saat itulah ia kembali ditandemkan Binder, yang baru menjuarai Moto3 2016.

Mereka tetap bertandem pada 2018, lalu Oliveira naik kelas lebih dulu ke MotoGP 2019 bareng Tech 3 KTM Factory Racing. Pada 2020, Binder menyusul dan membela Red Bull KTM Factory Racing, bertandem dengan Pol Espargaro. Namun, Espargaro hengkang ke Repsol Honda tahun ini, dan Oliveira ditunjuk jadi penggantinya.

1 dari 3 halaman

Nyaris Gaet Pembalap Lain

Miguel Oliveira dan Brad Binder saat masih di Moto2. (c) AFP
Miguel Oliveira dan Brad Binder saat masih di Moto2. (c) AFP

Uniknya, Oliveira nyaris tak diturunkan di Red Bull KTM. Pasalnya, mereka sempat melirik Andrea Dovizioso. Namun, Beirer dan jajarannya akhirnya sadar Oliveira adalah tandem yang tepat untuk Binder, mengingat mereka kerap meraih hasil baik, terlibat di program junior KTM sejak lama, dan punya hubungan yang sangat baik.

"Ketika kami ditinggalkan oleh Pol, kami mencari nama besar lainnya. Kemudian, kami berkata, 'Tahu tidak? Lebih baik kita tetap menjalankan program kita sekarang.' Saya rasa kami memercayai sistem kami sendiri setahun lebih awal dari yang kami inginkan, tapi saya sangat senang bisa melakukannya," ungkap Beirer.

Gagasan Beirer menggandengkan Binder dengan Oliveira itu pun muncul pada Juni 2020, ketika kedua rider ini bertemu di Red Bull Ring, Austria, untuk latihan motor bareng usai musim balap yang tertunda akibat pandemi Covid-19. Melihat keduanya akrab, Beirer langsung sadar mereka adalah skuad ideal.

2 dari 3 halaman

Kini KTM Punya Struktur Masif dan Kuat

Brad Binder dan Miguel Oliveira saat masih di Moto3. (c) AFP
Brad Binder dan Miguel Oliveira saat masih di Moto3. (c) AFP

"Kami sadar pada akhir karantina tahun lalu. Kami uji coba di Spielberg, Miguel dan Brad hadir. Kami duduk bareng, bercanda soal masa-masa mereka di tim Aki Ajo. Kami pun saling pandang, 'Hei, anak-anak ini adalah dream team, karena kita tumbuh dengan mereka'. Kami mengalami naik-turun, tapi tak pernah saling meragukan," kisah Beirer.

Beirer pun menyatakan struktur kuat KTM saat ini tak lepas dari jasa Aki Ajo dan Herve Poncharal (bos Tech 3) yang mencintai program junior, ditambah kepemimpinan Mike Leitner (bos Red Bull KTM). "Ada orang-orang kuat di sekitar kami, seperti Aki, Herve, dan Mike. Dengan Red Bull, kami juga punya partner yang kuat. Jadi, ini usaha sekelompok orang yang kuat," tuturnya.

"Saya bangga pada kru ini, karena kami baru memulai kiprah di paddock ini pada 2012. Kala itu saya sekadar tamu di belakang truk Aki. Kini ia masih jadi bagian proyek kami dan saya sangat bangga. Kami akhirnya menciptakan kelompok yang lebih besar. Kami datang di paddock dan menikmati apa yang kami lakukan," pungkas Beirer.

Sumber: Motorsport, Motorsport Total

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR