BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

KTM Resmi Perpanjang Kontrak Dani Pedrosa dan Mika Kallio

17-12-2020 08:28 | Anindhya Danartikanya

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - KTM Factory Racing akhirnya secara resmi mengumumkan perpanjangan kontrak kedua test ridernya, Dani Pedrosa dan Mika Kallio, untuk MotoGP 2021. Keduanya pun masih akan bertugas mengembangkan motor RC16 agar makin kompetitif. Hal ini mereka umumkan lewat rilis resmi pabrikan pada Rabu (16/12/2020).

Kallio yang kini berusia 38 tahun diketahui telah menjabat sebagai test rider KTM sejak awal 2016, bahkan sebelum pabrikan Austria itu benar-benar turun semusim penuh di MotoGP. Rider asal Finlandia ini juga bertugas turun sebagai rider wildcard KTM di MotoGP Valencia 2016.

Selain menjabat sebagai test rider, Kallio juga telah menjalani berbagai wildcard dan menjadi pengganti para rider KTM yang cedera sejak 2017. Pada 2019, ia melakoni enam balapan dengan Red Bull KTM Factory Racing, dan pada 2020, ia sekali turun dengan Red Bull KTM Tech 3.

1 dari 3 halaman

Kontribusi Penting Dani Pedrosa

Mika Kallio (c) KTM
Mika Kallio (c) KTM

Di lain sisi, Pedrosa baru bergabung pada akhir 2018, usai dirinya memutuskan pensiun dari kompetisi dan meninggalkan Honda. Rider Spanyol ini pun kini menjadi test rider utama KTM, bertugas menjalani jauh lebih banyak uji coba ketimbang Kallio.

Sejak ditangani Pedrosa, RC16 juga terbukti makin kompetitif, dan kerja kerasnya pun diakui sendiri oleh para pembalap reguler KTM. Sepanjang 2020, motor ini bahkan sukses membawa KTM mengoleksi delapan podium, termasuk tiga kemenangan, lewat tiga rider berbeda.

Berikut pernyataan resmi Mika Kallio, Dani Pedrosa, serta Direktur Motorsport KTM, Pit Bierer.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Mika Kallio, Dani Pedrosa, dan Pit Beirer

Pernyataan Mika Kallio:

"Saya sudah bekerja dengan KTM selama 11 tahun selama berkarier, pada dasarnya selama saya berada di dunia balap. KTM adalah keluarga kedua saya, dan saya bangga bisa melanjutkan kerja sama dengan perusahaan ini. Saya rasa hasil tahun ini memotivasi kru dan para rider menjelang 2021, jadi saya sudah tak sabar. Saya rasa kami sudah punya segalanya demi bertarung di depan."

Pernyataan Dani Pedrosa:

"KTM sangat bersemangat untuk terus memperbaiki diri, dan saya hanya bisa sangat berbahagia bisa tetap bekerja dengan mereka dan membantu pembalap mereka meraih target-target yang lebih besar. Saya ingin berterima kasih kepada Pit Beirer, Stefan Pierer (CEO KTM), dan Red Bull atas kepercayaan mereka kepada saya."

Pernyataan Pit Beirer:

"Kami senang bisa mempertahankan stabilitas dan semua pengalaman yang kami dapat dengan tim uji coba kami. Pada 2020, kami bisa membuktikan betapa baiknya dan betapa cepatnya kami bekerja di balik layar untuk program MotoGP kami. Masukan Mika dan Dani sangat penting dalam progres ini. Kami memang baru berkompetisi selama empat tahun, namun perusahaan kami sangat bangga dan bersemangat mematok target baru, serta menggores lebih banyak kenangan di MotoGP."

Sumber: KTM Factory Racing

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR