KTM Ogah Paksa Dani Pedrosa Gantikan Pol Espargaro

Anindhya Danartikanya | 11 Juni 2020, 13:30
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, menyebut bahwa pihaknya mencoret Dani Pedrosa dari daftar kandidat pebalap jika Pol Espargaro benar-benar hengkang ke Repsol Honda di MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan via Speedweek pada Rabu (10/6/2020).


Pedrosa, yang pensiun pada akhir 2018, secara mengejutkan pindah ke KTM sebagai test rider, meninggalkan Honda yang ia bela selama 18 tahun. Sejak ia bergabung, motor RC16 mengalami lonjakan performa yang diacungi jempol oleh para pebalap aktif KTM.

Rider Spanyol itu pun telah berkali-kali diminta untuk turun balapan sebagai rider wildcard KTM, namun selalu menolak. Atas alasan ini, Leitner yakin Pedrosa tak memungkinkan untuk dijadikan kandidat pengganti Espargaro.

1 dari 3 halaman

KTM Harus Terima Kenyataan

"Soal apakah ia akan kembali balapan, Anda harus tanya sendiri kepada Dani. Saya tak bisa membaca pikirannya. Tapi KTM sendiri harus hati-hati dalam meminta seorang rider mengendarai motor MotoGP. Saya pun percaya bahwa ia tak memungkinkan untuk tugas ini," ujar Leitner.

"Kami tampaknya harus 'bersahabat' dengan fakta ini (bahwa Pedrosa tak mau lagi balapan). Kami harus menerimanya. Itulah alasan kami mencari dan bicara dengan para rider yang aktif untuk 2021," lanjutnya.

Pernyataan Leitner senada dengan pebalap anyar Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona, yang sejak bergabung kerap bertemu Pedrosa karena membutuhkan bimbingan beradaptasi di MotoGP. Kepada Onda Cero, rider 20 tahun ini mengaku tak yakin Pedrosa mau kembali balapan secara penuh.

2 dari 3 halaman

Dani Pedrosa Bahagia dengan Perannya Sekarang

"Ada banyak kemungkinan. Tapi KTM sudah menawarkan wildcard padanya, tapi ia menolak. Saya rasa Dani bahagia dengan tugasnya sekarang, tetap bekerja di MotoGP dan di tim pabrikan. Tim kami saksama mendengarkannya, motor kami pun berkembang dengan sangat baik," ungkap Lecuona.

"Saya rasa Dani sudah memutuskan melepas semua tekanan dan kini ia menikmati pekerjaannya jauh lebih baik ketimbang saat ia masih jadi pebalap. Soal wildcard, sepertinya masih mungkin. Tapi entah apakah ia mau balapan semusim penuh," pungkasnya.

Baru-baru ini Pedrosa sendiri mengaku sudah membuka pintu untuk turun sebagai pebalap wildcard, namun dengan syarat bahwa KTM memang butuh menjajal perangkat yang cukup krusial di lintasan dalam pekan balap MotoGP.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR