KTM Maklum Miguel Oliveira Kecewa Soal Kans Dikembalikan ke Tech 3

Anindhya Danartikanya | 10 Juni 2022, 13:08
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, masih sangat berharap Miguel Oliveira mau bertahan di skuadnya meski harus dikembalikan ke Tech 3 KTM Factory Racing. Namun, lewat Motorsport Total, Kamis (9/6/2022), Beirer juga memaklumi bahwa Oliveira sangat kecewa, mengingat ia ingin bertahan di Red Bull KTM Factory Racing.


KTM diketahui telah teken kontrak dua musim dengan Jack Miller untuk tim pabrikan mereka, yang berarti rider Australia itu menggantikan Oliveira. Beirer sudah bersikap terbuka kepada Oliveira soal kedatangan Miller ini sebelum Seri Italia di Mugello tiga pekan lalu, namun Oliveira menolak mentah-mentah untuk kembali ke Tech 3.

Pembalap Portugal itu bahkan blak-blakan mengaku sudah bicara dengan Gresini Racing, untuk mendiskusikan kans menggantikan Enea Bastianini. Saat ini, Bastianini memang jadi salah satu calon pengganti Miller di Ducati Lenovo Team. Andaipun Ducati akhirnya memilih Jorge Martin, Bastianini akan dipindahkan ke Pramac Racing.

1 dari 2 halaman

Sudah Bersikap Terbuka karena Anggap Teman

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer (c) KTM Images

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer (c) KTM Images

"Sebelum Mugello, saya bicara dengan Miguel untuk mengaku bahwa pembicaraan ini (dengan Miller) telah dilakukan. Saya ingin bersikap adil. Miguel adalah kawan saya dan tim kami. Ia harus tetap menjadi teman kami, tak peduli apa yang terjadi," ungkap Beirer soal rider yang bergabung dengan KTM sejak 2015 itu.

Beirer yang merupakan eks pembalap motocross, juga menyatakan bahwa ia telah menawarkan besaran gaji lebih tinggi dari sebelumnya agar Oliveira mau kembali ke Tech 3. Namun, mengingat Oliveira sudah bergerak melakukan diskusi dengan Gresini, KTM pun semakin pesimistis.

"Saya memberinya tawaran kembali ke Tech 3, juga menawarkannya gaji lebih besar. Saya ingin menghindari kemungkinan ia datang ke Mugello dan berkata, 'timku, kawan-kawanku, keluargaku menggaet rider lain dan membuangku.' Kami ingin mempertahankannya di KTM, meski entah apakah peluang itu masih ada," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Tak Remehkan Jasa Miguel Oliveira

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo

Beirer juga menyatakan bahwa tawaran pada Oliveira untuk kembali ke Tech 3 adalah bukti bahwa KTM sangat menghargai jasanya dalam meraih empat kemenangan, yang dua di antaranya ia raih saat masih di Tech 3. Namun, pembalap berusia 27 tahun itu justru mengartikan lain.

"Ia menang dua kali dengan Herve (Poncharal). Kami tak meremehkannya dan ingin memperkuat fakta ini. Target kami adalah punya empat tempat pabrikan. Tapi ia jelas tak menganggapnya sebagai pujian. Ia justru kecewa. Ia ingin membela tim lain, lalu mengisolasi diri dan mengirimkan ayahnya ke tim lain untuk negosiasi," tutup Beirer.

Tech 3 KTM Factory Racing sendiri santer dikabarkan akan mempertahankan Remy Gardner dan akan jadi tempat kembalinya Pol Espargaro ke pabrikan asal Austria tersebut. Espargaro berpeluang menggantikan Raul Fernandez, yang juga digosipkan bakal hengkang ke WithU RNF Aprilia musim depan.

Sumber: Motorsport Total

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR