KTM: Danilo Petrucci Bikin Para Rider Unggulan Reli Dakar Terlihat Konyol

Anindhya Danartikanya | 7 Januari 2022, 11:08
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Bola.net - Penasihat dan General Manager KTM, Heinz Kinigadner, menyebut eks rider MotoGP, Danilo Petrucci, sukses mempermalukan para rider unggulan Reli Dakar 2022. Hal ini disampaikan 'Kini' dalam wawancaranya dengan Speedweek pada Kamis (6/1/2022), ketika berada di Arab Saudi untuk mendampingi para ridernya.


Petrucci memang mencuri perhatian jagat balap motor berkat performa impresifnya di Dakar, apalagi jika mengingat ia berstatus debutan, masih cedera engkel, dan hanya berkarier di ajang road race sejak kecil. Ia langsung tampil oke sejak Stage 1A dan 1B, serta kian mengancam sejak Stage 2.

Dalam Stage 4, Rabu (5/1/2021), yang berjarak 467 km dan diketahui sebagai stage terpanjang dan terberat, Petrucci juga mampu finis ketiga. Sayang, ia dijatuhi hukuman 10 menit gara-gara melanggar batas kecepatan ketika melewati sebuah desa, sehingga dinyatakan finis ke-15. Namun, ia balas dendam di Stage 5 pada Kamis.

1 dari 2 halaman

Bikin Rider Ternama Terlihat Konyol

Rider Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

Rider Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Rally Zone

Petrucci start ke-15 dan langsung naik ke posisi 9 di check point pertama. Ia terus memperbaiki posisi di tiap check point berikutnya. 'Petrux' pun finis kedua, sementara Toby Price, tandemnya dari Red Bull KTM Factory Racing sekaligus dua kali juara Reli Dakar, merebut kemenangan. Namun, Price kemudian dijatuhi hukuman enam menit.

Pasalnya, rider Australia itu melanggar batas kecepatan ketika melewati pemukiman. Mengingat jarak awalnya dari Price sebesar 4 menit 14 detik, maka Petrucci dinyatakan sebagai pemenang, sementara Price dinyatakan finis kelima. Ia pun jadi eks rider MotoGP pertama yang mampu memenangi stage Reli Dakar.

Hal ini bikin Kinigadner terkagum-kagum, apalagi jika mengingat persiapan Petrucci sangat singkat, hanya tiga bulan, bahkan saat masih aktif balapan di MotoGP. "Danilo membuat para rider reli ternama sedikit terlihat konyol dan memalukan pada Rabu," ujar eks juara dunia MXGP 250cc 1984 dan 1985 ini, yang juga eks rider Reli Dakar.

2 dari 2 halaman

Kehebatannya Diakui Juara Reli Dakar 2018

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Pendapat serupa juga disampaikan rekan setim Petrucci lainnya dari Red Bull KTM Factory Racing, Matthias Walkner. Juara Reli Dakar 2018 ini mengungkapkan rasa kagumnya lewat Instagram Story Petrucci pada Kamis pagi, ketika keduanya sedang melakukan pemanasan bareng sebelum menjalani Stage 5.

"Aku tak menyukaimu. Kau bikin kami semua terlihat buruk!" ujar Walkner sambil tertawa ketika Petrucci merekam pembicaraan mereka. Walkner, yang saat ini berada di peringkat kedua dalam klasifikasi umum, lalu bicara pada followers Petrucci sambil mengacungkan jempol, "Pria ini gila, benar-benar sangat cepat!"

Melihat performanya ini, Petrucci pun mengaku sangat ingin kembali berlaga pada edisi 2023 mendatang. Meski begitu, ia belum memutuskan apakah dirinya akan sepenuhnya banting setir ke disiplin rally raid, atau tetap berlaga di ajang road race, mengingat ia dapat tawaran dari Ducati untuk turun di MotoAmerica 2022.

Sumber: Speedweek, Instagram/Petrux9

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR