BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kronologi Cedera Marc Marquez: 2 Kali Operasi dalam 2 Minggu, Akibat Memaksakan Diri?

04-08-2020 20:51 | Serafin Unus Pasi

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Sebuah kabar yang kurang baik datang dari Marc Marquez. Pada hari Selasa dini hari tadi, Pebalap Repsol Honda itu harus kembali masuk ruang operasi untuk menyembuhkan lengan kanannya.

Menurut unggahan tim Repsol Honda di Twitter, Marc Marquez harus naik meja operasi untuk kali kedua setelah plat yang dipasang pada tulang humerus kanan mengalami kerusakan.

Nahasnya operasi kedua ini hanya berselang beberapa hari dari seri ketiga MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceska, akhir pekan ini. Marc Marquez pun telah diumumkan tidak bisa mengikuti MotoGP Republik Ceska, Selasa sore WIB.

Alhasil Marc Marquez sudah absen pada dua balapan berturut-turut MotoGP 2020. Kini ia sama sekali belum mengumpulkan poin. Kans dirinya untuk mempertahankan titel juara dunia tentu sangat berat.

Dalam keterangan resminya, Dr. Xavier Mir menyebut kerusakan pada plat titanium di tulang humerus kanan Marc Marquez disebabkan tak cukup tahan stres ketika sang pembalap menjalani fisioterapi dan rehabilitasi.

Artinya ada faktor beban berlebihan pada bekas operasi yang dijalani sang pembalap pada lengan kanan. Hanya saja Dr. Xavier Mir menegaskan Marc Marquez selalu mendengar masukan tim medis terkait kondisi cedera.

Alhasil ada kesan juara dunia MotoGP enam kali ini tidak memaksakan diri. "Dia selalu mengikuti masukan tim medis dan apa yang dirasakan dalam tubuhnya. Sekarang kami harus menunggu 48 jam untuk memahami periode pemulihan yang dibutuhkan," kata Dr. Xavier Mir.

Terlepas dari benar atau tidaknya Marc Marquez terlalu memaksakan diri, Bola.com telah merangkum kronologi cedera yang dialami pembalap berusia 27 tahun ini. Total selama dalam kurun waktu 14 Hari, ia harus melalui dua kali operasi.

1 dari 3 halaman

Kronologi I

19 Juli

Marc Marquez mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP Jerez. Motor yang ia kendarai highside saat coba menyalip Maverick Vinales untuk berada di posisi kedua. Hasil pemeriksaan, menunjukkan Marquez mengalami patah tulang humerus kanan dan harus menjalan operasi.

21 Juli

Marc Marquez melakukan operasi di Barcelona dan ditangani langsung oleh Dr. Xavier Mir. Dalam keterangan resmi usai operasi, Dr. Mir telah mengatakan kemungkinan Marquez absen pada balapan MotoGP Andalusia, 26 Juli.

23 Juli

Muncul kabar mengejutkan, Marc Marquez menyatakan siap mencoba untuk turun di MotoGP Andalusia. Dia bahkan pada akhirnya lolos tes medis. Kemudian muncul video ia melakukan push-up untuk meyakinkan dokter medis MotoGP agar memberinya izin mengaspal di Jerez.

2 dari 3 halaman

Kronologi II

25 Juli

Marc Marquez benar-benar kembali ke lintasan dan turun pada sesi latihan bebas dan juga kualifikasi MotoGP Andalusia. Namun setelah kualifikasi, ia memutuskan mundur karena merasakan sakit pada lengan kanan.

2 Agustus

Marc Marquez mengunggah video sedang melatih kesiapan lengan kanan dengan menggunakan beban di gym. Dalam video ini, tak tampak ia mengalami sakit. "Kami bekerja keras untuk datang dalam kondisi terbaik untuk MotoGP Republik Ceska," tulis Marc Marquez.

3 Agustus

Nahasnya satu hari kemudian, muncul kabar, Marc Marquez harus kembali menjalani operasi pangan lengan kanan. Menurut Dr. Xavier Mir, plat titanium yang tertanam mengalami kerusakan. Kini semua sedang menunggu, apakah Marc Marquez bisa tampil di seri ketiga MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceska, akhir pekan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Sumber: Bola.com/Penulis: Hendry Wibowo, Published: 4 Agustus 2020.

KOMENTAR