BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kritik Balik Jorge Lorenzo, Joan Mir: Ngomong Doang Emang Enak

04-06-2021 11:56 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, membalas kritik Jorge Lorenzo, yang baru-baru ini lewat program '99 Seconds' di kanal YouTube-nya memberikan penilaian soal performa Mir yang finis ketiga dan sukses naik podium di MotoGP Mugello, Italia, pada Minggu (30/6/2021).

Dalam pekan balap tersebut, seperti biasa Suzuki selalu kesulitan dalam lap tunggal, hingga memengaruhi sesi kualifikasi Mir. Rider berusia 23 tahun itu terpaksa start dari posisi kedelapan. Namun, dalam balapan, perlahan tapi pasti Mir merangkak naik, dan akhirnya finis ketiga.

Lewat kanal YouTube-nya, Lorenzo pun memuji performa Mir dalam balapan tersebut, yang ia nilai menunjukkan kekuatan performa Mir yang menurutnya lincah di tikungan dan mampu mengendalikan ban dengan baik. Namun, Lorenzo menyebut Mir belum setara dengan Fabio Quartararo.

1 dari 3 halaman

Ungkap Keunggulan Joan Mir

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP
Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Quartararo memang sangat konsisten tahun ini. Dalam enam seri pertama, ia sudah mengantongi empat podium, yang tiga di antaranya merupakan kemenangan. "Dengan sesi latihan yang biasa saja, Joan menjalani balapan dengan baik," tutur Lorenzo seperti yang dikutip MotosanGP.

"Terbukti di Mugello, keunggulannya adalah lincah di tikungan dan rendahnya degradasi ban. Ia mengambil kans kembali ke podium. Ia tetap konsisten meski melakukan kesalahan di Le Mans. Tapi dengan dominasi Fabio, konsistensi Joan takkan cukup untuk mempertahankan gelar dunia," lanjutnya.

Di sela pekan balap MotoGP Catalunya, Spanyol, Kamis (3/6/2021), Mir pun ditanyai pendapat soal pernyataan Lorenzo tersebut. Sahabat Tito Rabat ini tak memungkiri dirinya memang bertekad tampil konsisten, tapi jengah atas penilaian Lorenzo yang seolah meremehkan kerja kerasnya.

2 dari 3 halaman

Tekad Lebih Konsisten Naik Podium

Fabio Quartararo dan Joan Mir (c) Yamaha MotoGP
Fabio Quartararo dan Joan Mir (c) Yamaha MotoGP

"Saya memang konsisten saat ini. Saya hanya mencoba mengerahkan 100% dari diri saya di tiap balapan. Tapi bicara dari sofa memang selalu lebih nyaman," sindir pembalap berusia 23 tahun ini, yang juga juara dunia Moto3 2017.

"Saya akan mencoba menjalani musim ini dari biasa saja menjadi lebih baik, menjalani start dengan konsisten dan meraih poin lebih baik dari sekarang. Itulah rencana saya, walau ini MotoGP dan levelnya sangat tinggi. Saya akan coba meraih podium sebanyak mungkin," pungkasnya.

Menjelang MotoGP Catalunya, Mir tengah duduk di peringkat kelima pada klasemen pembalap dengan koleksi 65 poin, tertinggal 40 poin dari Quartararo yang ada di puncak, dengan 13 seri tersisa.

Sumber: MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR