Kouiji Tsuya Undur Diri dari Proyek Yamaha MotoGP

Anindhya Danartikanya | 23 Januari 2019, 10:15
Maverick Vinales (c) Yamaha
Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - - Pimpinan Proyek Yamaha MotoGP, Kouiji Tsuya resmi mengundurkan dari dari jabatannya menjelang musim 2019, demikian yang dilansir oleh Motorsport.com. Tsuya memimpin proses pengembangan motor YZR-M1 sejak awal 2017, menggantikan posisi Kouichi Tsuji yang kini fokus menjabat sebagai Presiden Yamaha Motor Racing.

Sejak dipimpin oleh Tsuya, Yamaha memang mengalami penurunan prestasi yang drastis. Pada 2017, mereka hanya meraih empat kemenangan, yakni tiga lewat Maverick Vinales dan satu lewat Valentino Rossi. Musim lalu, mereka malah hanya meraih satu kemenangan lewat Vinales, usai melewatkan 25 balapan tanpa satu pun kemenangan.

Masa-masa kelam pabrikan Garpu Tala berada pada puncaknya saat Tsuya dipaksa meminta maaf secara publik kepada Rossi dan Vinales di MotoGP Austria pada Agustus lalu, yakni saat keduanya sama-sama gagal menembus posisi 10 besar pada sesi kualifikasi.

1 dari 2 halaman

Diharapkan Ikuti Jejak Pendahulu

Kouiji Tsuya (c) MotoGP.com

Kouiji Tsuya (c) MotoGP.com

Menurut Motorsport.com, Tsuya akan digantikan oleh Takahiro Sumi, yang selama ini menjadi kepala divisi sasis Yamaha. Keputusan Yamaha ini diharapkan bisa membawa mereka bangkit dan kembali ke masa-masa kesuksesan pimpinan proyek sebelumnya, yakni Masao Furusawa dan Masahiko Nakajima.

Di bawah kepemimpinan Furusawa dan Nakajima, Yamaha sukses mengumpulkan tujuh gelar dunia di MotoGP, yakni lewat Rossi pada 2004, 2005, 2008 dan 2009, serta tiga lewat Jorge Lorenzo pada 2010, 2012 dan 2015.

2 dari 2 halaman

Presentasi dan Peluncuran Tim 2019

Tim pabrikan Yamaha, yang diperkirakan akan berganti nama menjadi Monster Factory Yamaha, akan menjalani presentasi dan peluncuran tim di Jakarta, Indonesia pada 4 Februari mendatang, hanya dua hari sebelum uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6-8 Februari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR