BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kontroversi Senggolan Jack Miller vs Aleix Espargaro Berbuntut Panjang

17-05-2019 09:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Pramac Racing, Jack Miller. (c) Pramac Racing Pebalap Pramac Racing, Jack Miller. (c) Pramac Racing

Bola.net - Kontroversi senggolan Jack Miller dan Aleix Espargaro di MotoGP Jerez, Spanyol, dua pekan lalu berbuntut panjang. Kedua rider ini mengaku sempat adu mulut dalam perjalanan pulang ke Andorra, dan tetap bersikeras pada pendapatnya masing-masing setibanya di Le Mans, Prancis, Kamis (16/5).

Insiden itu terjadi pada Lap 23, usai Espargaro mengambil alih posisi 10 dari Miller. Miller berusaha membalasnya di jalur dalam Tikungan 13, namun terjatuh. Espargaro sempat ikut melebar dan masuk ke area gravel, namun berhasil kembali ke lintasan. Asa Espargaro memperebutkan posisi 8 dengan Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami pun sirna, bahkan tersalip oleh Stefan Bradl.

Dalam pertemuannya dengan media massa usai balap, Miller mengakui kesalahan manuvernya, dan menyayangkan kecelakaan itu terjadi. Meski begitu, perang verbal antara keduanya kembali terjadi di Le Mans. Menurut Miller, hal ini terpicu oleh perdebatan mereka di dalam pesawat usai uji coba pascabalap pada Senin (6/5).

"Aleix benar-benar kasar di pesawat dalam perjalanan pulang. Ia mengatakan hal-hal seperti 'kau memang pantas terjatuh'. Itu sama sekali tak perlu. Ia bilang saya harusnya mendatanginya dan meminta maaf. Saya bilang itu insiden balap. Ia bilang ia ada di jalur dalam. Padahal tidak," ujar Miller via Crash.net.

1 dari 2 halaman

'Minta Maaf untuk Apa?'

Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Menurut Miller, tayangan ulang menunjukkan Espargaro lah yang justru melebar di Tikungan 13, sementara ia sendiri hanya mencoba bertahan di garis balap. Miller juga mengaku melihat adanya ruang untuk kembali menyalip Espargaro. Rider Australia ini pun menyebut Espargaro bersikap tak sportif karena menilai Miller memang layak kecelakaan.

"Saya memanfaatkan ruang itu, karena saya pebalap. Tapi saya jatuh, dan justru dia ingin saya minta maaf. Minta maaf buat apa? Wong saya yang jatuh. Saya yang justru jalan kaki ke pitlane. Saat saya bilang saya jatuh, ia berkata dengan jelas, 'kau pantas mendapatkannya'. Jika itu yang ia rasakan, menyenangkan sekali olahragawan seperti dia ada di paddock," ungkap Miller.

2 dari 2 halaman

Kecewa Miller Tak Minta Maaf

Espargaro bersikeras tak ada ruang cukup bagi Miller untuk menyalip. Ia juga menyatakan ada sobekan pada bannya yang diakibatkan winglet motor Ducati milik Miller. "Tak ada ruang. Jika ada ruang, ia takkan terjatuh, karena sekalinya ia meletakkan motor di jalur dalam, saya segera menegakkan motor dan ia jatuh. Itu berarti tak ada ruang," jelasnya.

"Saya sangat marah. Karena hubungan kami baik, saya harap Jack bakal mendatangi saya dan berkata, 'hei, kawan, maaf, kupikir tadi ada ruang.' Tapi ia tak melakukan apa pun, dan saat bertemu di pesawat, saya bertanya, 'Apa yang terjadi?' Ia bilang, 'Apa yang terjadi? Aku jatuh.' Saya bilang, 'Ya, dan... Bagaimanapun tak ada ruang. Kau jatuh karena kau memang pantas jatuh'," lanjutnya.

Espargaro juga mengaku sangat kecewa pada sikap Dewan Pengawas Balap yang tak tegas menanggapi insiden-insiden senggolan macam ini. Menurutnya, Miller seharusnya mendapat hukuman yang cukup berat atas manuvernya yang ia nilai agresif.

Nonton Pertandingan Bola, Reaksi Nenek Ini Bikin Heboh

KOMENTAR