Kontrak Yamaha Bakal Habis, Toprak Razgatlioglu Bebas Pilih Tim di MotoGP 2024

Anindhya Danartikanya | 30 Juni 2022, 10:57
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Manajer pribadi Toprak Razgatlioglu, Kenan Sofuoglu, menegaskan bahwa kliennya takkan pindah ke MotoGP pada 2023 dengan tim mana pun. Ia akan tetap berlaga di WorldSBK, sesuai kontraknya dengan Pata Yamaha WorldSBK. Meski begitu, Sofuoglu sama sekali tak menutup peluang Razgatlioglu pindah ke MotoGP pada 2024.

Razgatlioglu yang merupakan juara dunia WorldSBK 2021, tadinya digosipkan pindah ke MotoGP musim depan. Sofuoglu menyebut El Turco hanya akan melakukannya jika dapat tempat di Monster Energy Yamaha. Namun, skuad pabrikan itu akhirnya memperpanjang kontrak Fabio Quartararo, yang digandengkan dengan Franco Morbidelli.

Yamaha masih ngotot meletakkan Razgatlioglu di tim satelit dengan menyediakan YZR-M1 spek teranyar. Namun, rencana ini gagal total akibat dua alasan. Pertama, karena Razgatlioglu hanya menginginkan slot tim pabrikan. Kedua, karena WithU Yamaha RNF secara mengejutkan pilih banting setir jadi tim satelit Aprilia pada 2023.

1 dari 2 halaman

Sudah Tegas Tolak Tim Satelit

Can Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha RacingCan Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Lewat MotoGP.com pada Rabu (29/6/2022), Sofuoglu yang merupakan lima kali juara WorldSSP menyatakan, alasan utama Razgatlioglu batal pindah ke MotoGP adalah diperpanjangnya kontrak Quartararo. Ia juga menegaskan anak didiknya takkan pernah pindah ke MotoGP jika sekadar mendapatkan tempat di tim satelit.

"Satu hal yang pasti: tim pabrikan Yamaha di MotoGP sudah menggaet Fabio. Jadi, Toprak tak punya kesempatan. Mereka bicara soal 'tim B', padahal tiap kali bicara dengan Yamaha, saya bilang kami tak pernah tertarik pindah ke MotoGP dengan tim B. Jika kami datang ke MotoGP, maka hanya dengan tim pabrikan. Tanpa itu, kami tak tertarik," ungkapnya.

Razgatlioglu sendiri saat ini masih punya kontrak dengan Yamaha Motor Europe sampai akhir 2023 mendatang. Menurut Sofuoglu, hal ini justru bakal membuka peluang lebih besar bagi rider Turki itu untuk pindah ke MotoGP pada 2024. Pasalnya, dengan begitu ia akan lebih bebas bicara dengan skuad pabrikan mana pun, tak hanya Yamaha.

2 dari 2 halaman

Para Murid Kenan Sofuoglu Wajib Bela Tim Pabrikan

Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow (c) Yamaha Racing

Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow (c) Yamaha Racing

Razgatlioglu bisa jadi menggantikan Morbidelli di tim pabrikan Yamaha pada 2024 jika rider Italia itu tak kunjung bangkit dari keterpurukan. Ia juga bisa membela tim pabrikan lainnya, mengingat ia juga sempat dikabarkan didekati oleh Honda dan Ducati. Melihat ini, Sofuoglu yakin bahwa 2024 adalah momen yang lebih masuk akal bagi 'Stoprak' untuk pindah ke MotoGP.

"Yamaha kehilangan tim kedua, dan tim pabrikannya penuh. Jadi, kami akan tetap di WorldSBK tahun depan. Yang jelas, pada 2024 nanti, kami bisa bicara dengan pabrikan dan tim MotoGP mana pun. Tapi jika Toprak datang ke MotoGP, maka ia takkan datang dengan tim B. Jika ia datang, maka hanya dengan tim pabrikan. Tanpa itu, ia tetap di WorldSBK. Saya hanya akan meletakkan para rider saya di tim pabrikan," tutupnya.

Razgatlioglu sendiri sudah sempat menjajal motor M1 milik Yamaha dalam tes tertutup di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, pada pertengahan Juni. Yamaha tak merilis catatan waktunya, namun pembalap berusia 25 tahun tersebut menjalani 40 lap. Ia didampingi test rider Yamaha sekaligus eks pembalap WorldSBK dan MotoGP, Cal Crutchlow.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR