BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kontrak Valentino Rossi dan Petronas Bisa Diumumkan di Misano

30-07-2020 14:23 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Kontrak kerja sama antara Valentino Rossi dan Petronas Yamaha SRT diperkirakan akan diumumkan di MotoGP San Marino yang akan digelar di sirkuit kandang The Doctor, Misano World Circuit Marco Simoncelli, 11-13 September nanti. Demikian yang dilansir Corsedimoto, Kamis (30/7/2020).

Kontrak Rossi dan SRT jadi topik pembicaraan yang panas sejak awal Juni. Kedua belah pihak kompak membantah telah membubuhkan tanda tangan di atas kertas kontrak, namun mengakui kerja sama dipastikan akan terjalin tahun depan dan kini hanya tinggal membereskan beberapa detail.

Sang sembilan kali juara dunia pun dikabarkan sepakat menerima kontrak '1+1', yakni kontrak berdurasi setahun yang juga berisi opsi untuk lanjut semusim lagi pada 2022. Opsi itu bisa dipakai jika ia terbukti masih kompetitif sepanjang 2021 dan memang mau tetap balapan.

1 dari 3 halaman

Tetap Terikat Kontrak dengan Yamaha

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Meski akan balapan dengan seragam SRT, Rossi akan tetap terikat kontrak langsung dengan Yamaha Motor Racing, yang berarti gajinya dibayar oleh pabrikan Garpu Tala, dan akan mendapatkan motor YZR-M1 spek pabrikan seperti milik Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Sebelumnya, Rossi dan SRT sempat dikabarkan masih sulit menemukan kecocokan dalam mendiskusikan jumlah anggota kru yang boleh diboyong ke SRT, mengingat rider berusia 41 tahun itu diketahui selalu membawa seluruh krunya tiap pindah tim sejak debut di GP500 2000.

2 dari 3 halaman

Jumlah Kru Bukan Lagi Masalah

Meski begitu, Team Principal SRT, Razlan Razali mengaku lewat La Gazzetta dello Sport bahwa permasalahan kru bukanlah yang utama dalam proses negosiasinya dengan Rossi, melainkan soal detail-detail kesepakatan yang harus ditaati oleh Rossi, SRT, dan juga Yamaha.

"Kami akan umumkan jika kami lebih dulu bisa melakukan semuanya dengan tepat. Tapi mengumumkannya di seri kandang bakal bagus. Beberapa hal masih harus dipastikan, tak hanya terkait Vale dan mekaniknya, karena itu bagian termudah. Yang membutuhkan waktu adalah memfinalisasi struktur antara Yamaha, VR46, dan Sepang," tutup Razali.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR