BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kompak Comeback di MotoGP Styria, Pedrosa-Crutchlow Juga Kompak Ogah Sesumbar

03-08-2021 16:27 | Anindhya Danartikanya

Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo), Yamaha MotoG
Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo), Yamaha MotoG

Bola.net - Rehat musim panas para rider MotoGP 2021 akan segera berakhir. Paruh musim kedua pun akan dimulai dengan Seri Styria, yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus. Uniknya, pada pekan balap kali ini, mereka akan kedatangan peserta 'tamu' yang uniknya sudah pensiun, yakni Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow.

Seperti yang diketahui, pada Selasa (20/7/2021), KTM resmi mengumumkan bahwa Pedrosa akan kembali turun balapan di Styria sebagai rider wildcard. Delapan hari kemudian, Petronas Yamaha SRT resmi menyatakan bahwa Crutchlow akan jadi rider pengganti sementara untuk Franco Morbidelli yang masih pemulihan cedera lutut.

Pedrosa diketahui sudah pensiun pada akhir 2018 dalam usia 33 tahun, usai 18 tahun membela Honda, yang 13 di antaranya ia habiskan bersama Repsol Honda di MotoGP. Crutchlow sendiri sudah gantung helm pada akhir 2020 lalu, yakni dalam usia 35 tahun, usai membela Monster Yamaha Tech 3, Ducati Team, dan LCR Honda.

1 dari 3 halaman

Dani Pedrosa Fokus Jajal Perangkat untuk 2022

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Polarity Photo
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM Images/Polarity Photo

Meski turun balapan lagi dengan status yang berbeda, Pedrosa dan Crutchlow bikin para penggemar balap motor sangat penasaran. Pedrosa akan mengendarai motor RC16 yang benar-benar baru disertai konfigurasi untuk 2022, sementara Crutchlow, karena merupakan rider pengganti, akan mengendarai YZR-M1 versi 2019 milik Morbidelli.

Pedrosa pun sadar, mengingat balapan terakhirnya adalah MotoGP Valencia 2018, di mana ia finis kelima, ia ogah mematok target muluk di Seri Styria. Apalagi, sebagai test rider, tugas utamanya bukanlah meraih hasil balap oke, melainkan mengonfirmasi berbagai perangkat RC16 yang diharapkan bisa dipakai para pembalap reguler KTM.

"Sudah lama sejak balapan terakhir saya, dan tentu mentalitas dalam balapan berbeda dari uji coba. Fokus saya adalah menjajal banyak hal dalam situasi balap. Sulit bicara soal ekspektasi usai lama jauh dari kompetisi. Saya bisa saja langsung cocok dengan mentalitas balap, tapi juga bisa tidak. Namun, kami akan coba menikmati akhir pekan sebaik mungkin," ujarnya lewat rilis resmi KTM.

2 dari 3 halaman

Cal Crutchlow Fokus Kumpulkan Data untuk Yamaha

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Hal serupa juga dikatakan Crutchlow lewat rilis Petronas SRT. Pria Inggris yang kini juga menjabat sebagai test rider Yamaha ini tak punya ekspektasi tinggi. Meski sekadar naik M1 2019, Crutchlow akan fokus mengumpulkan data untuk Yamaha. Tugas ini pun takkan hanya ia jalankan di Seri Styria, melainkan juga Seri Austria dan Seri Inggris mendatang.

"Sulit mematok target untuk tiga balapan ini dan ini hanya bakal jadi masa pemahaman motor, mengingat saya jarang berkendara tahun ini. Baiknya, saya bisa membandingkan semua motor dan mengumpulkan banyak data. Rasanya seperti dilempar ke kedalaman, karena MotoGP kini sangat kompetitif. Tapi saya tak sabar, dan bakal menyenangkan kembali ke grid," pungkasnya.

Di lain sisi, Pedrosa juga dikabarkan akan kembali mendapatkan fasilitas wildcard di MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada September. KTM mengaku sudah mendaftarkan wildcard kedua kepada FIM, IRTA, dan Dorna Sports, namun pemakaiannya akan tergantung performa sang tiga kali juara dunia selama di Seri Styria.

Sumber: KTM Factory Racing, Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR