BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Kompak Cinta MotoGP, Sepang dan Mandalika Takkan Saling Iri'

20-01-2022 15:50 | Anindhya Danartikanya

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang juga eks CEO Sirkuit Sepang, Razlan Razali, yakin gegap gempita MotoGP Sepang, Malaysia 2022 takkan terpengaruh pensiunnya Valentino Rossi dan kehadiran Sirkuit Mandalika sebagai penyelenggara Seri Indonesia. Hal ini ia katakan via Crash.net, Rabu (19/1/2022).

Rossi memang selama ini dikenal sebagai pembalap MotoGP yang tak hanya punya prestasi mentereng di lintasan, melainkan juga sosok dengan karakter yang unik. Kombinasi antara prestasi dan karisma inilah yang membuat The Doctor dinilai berjasa menjadikan MotoGP sebagai ajang olahraga yang dikenal secara global.

Atas alasan itu, pensiunnya Rossi bikin banyak pihak cemas MotoGP akan kehilangan daya tarik. Para pengelola sirkuit pun harus putar otak agar menarik minat orang untuk tetap datang menonton balapan. Meski begitu, ada atau tidaknya Rossi di trek diyakini Razali takkan mengurangi kesuksesan gelaran MotoGP di Malaysia.

1 dari 3 halaman

No Rossi, No Problem

Valentino Rossi usai finis dalam MotoGP Valencia 2021. (c) Petronas SRT
Valentino Rossi usai finis dalam MotoGP Valencia 2021. (c) Petronas SRT

"Jika melihat Malaysia pada khususnya, saya tak yakin pengaruhnya bakal besar tanpa kehadiran Vale, karena kami tak kedatangan MotoGP selama dua musim. Saya rasa orang-orang Malaysia sudah 'lapar' pada gelaran-gelaran seperti ini, terutama gelaran internasional seperti MotoGP, usai dua tahun tanpa apa-apa," ujar Razali.

Razali juga menyatakan bahwa penggemar balap di Malaysia bahkan sudah tak sabar menyambut para rider kesayangan mereka untuk menjalani uji coba pramusim di Sepang pada 31 Januari-2 Februari dan 5-6 Februari nanti. Kabar baiknya lagi, uji coba yang biasanya tertutup, kali ini bisa ditonton ribuan orang langsung di sirkuit.

"Saya dengar 10.000 orang akan diizinkan menonton uji coba Sepang. Ini bagus, apalagi ada antusiasme tinggi di media sosial soal uji coba. Memang ada kekhawatiran soal situasi omicron, namun pada saat yang sama, orang-orang tak sabar kembali mendengar suara mesin MotoGP di Sepang. Jadi, saya rasa takkan ada masalah," lanjut Razali.

2 dari 3 halaman

MotoGP Mandalika Maret, MotoGP Sepang Oktober

Area tribun utama Sirkuit Sepang, Malaysia (c) Otosia.com/Cornelius CandraArea tribun utama Sirkuit Sepang, Malaysia (c) Otosia.com/Cornelius Candra

Razali juga menyatakan Sepang takkan terancam oleh kehadiran Mandalika di kalender MotoGP 2022, meski jumlah fans balap di Indonesia juga sangat masif. Yang bikin ia pede soal hal ini adalah fakta bahwa MotoGP Indonesia akan digelar pada Maret, sementara MotoGP Malaysia pada Oktober.

"Apakah balapan di Indonesia akan jadi masalah bagi Sepang karena tradisinya hampir 20% penonton MotoGP Malaysia adalah orang Indonesia? Saya rasa tidak, karena Mandalika jadi seri kedua, sementara Malaysia seri kedua sebelum akhir. Kami juga sempat berpikir Buriram akan berdampak pada kami, ternyata tidak," tuturnya.

"Orang-orang sudah 'lapar' akan gelaran seperti MotoGP, apalagi MotoGP masih sangat seru ditonton. Vale memang tak memperebutkan hasil penting tahun lalu, tapi kompetisinya tetap menakjubkan. Jadi, selama kejuaraan ini terus seru dengan balapan yang mengagumkan, saya rasa takkan ada masalah tanpa Vale," pungkas Razali.

3 dari 3 halaman

Jadwal Uji Coba Pramusim dan Kalender Balap MotoGP 2022

MotoGP Sachsenring, Jerman 2021 (c) Yamaha MotoGP
MotoGP Sachsenring, Jerman 2021 (c) Yamaha MotoGP

Uji coba pramusim MotoGP 2022:

  • 31 Januari-2 Februari: Sepang, Malaysia (shakedown)
  • 5-6 Februari: Sepang, Malaysia
  • 11-13 Februari: Mandalika, Indonesia

Uji coba pramusim Moto2 dan Moto3 2022:

  • 19-21 Februari: Portimao, Portugal

Kalender balap MotoGP, Moto2, dan Moto3 2022:

  1. 6 Maret: Qatar - Losail (balapan malam hari)
  2. 20 Maret: Indonesia - Mandalika (subyek homologasi)
  3. 3 April: Argentina - Termas de Rio Hondo
  4. 10 April: Amerika Serikat - Circuit of The Americas
  5. 24 April: Portugal - Portimao
  6. 1 Mei: Spanyol - Jerez
  7. 15 Mei: Prancis - Le Mans
  8. 29 Mei: Italia - Mugello
  9. 5 Juni: Catalunya - Barcelona-Catalunya
  10. 19 Juni: Jerman - Sachsenring
  11. 26 Juni: Belanda - Assen
  12. 10 Juli: Finlandia - KymiRing (subyek homologasi)
  13. 7 Agustus: Inggris - Silverstone
  14. 21 Agustus: Austria - Red Bull Ring
  15. 4 September: San Marino - Misano
  16. 18 September: Aragon - MotorLand Aragon
  17. 25 September: Jepang - Motegi
  18. 2 Oktober: Thailand - Buriram
  19. 16 Oktober: Australia - Phillip Island
  20. 23 Oktober: Malaysia - Sepang
  21. 6 November: Valencia - Ricardo Tormo

Sumber: Crashnet

KOMENTAR