BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kisah Pablo Nieto, Sosok Asal Spanyol yang Manajeri Tim Valentino Rossi

30-09-2020 16:01 | Anindhya Danartikanya

Manajer Tim Sky Racing VR46, Pablo Nieto (c) Facebook/Sky Racing VR46 Manajer Tim Sky Racing VR46, Pablo Nieto (c) Facebook/Sky Racing VR46

Bola.net - Italia dan Spanyol boleh jadi merupakan dua negara yang bersaing sengit di arena MotoGP, Moto2, dan Moto3, namun rivalitas legendaris di antara dua negara ini tak menghentikan Valentino Rossi menaruh rasa percaya besar kepada orang Spanyol untuk memanajeri tim balapnya, Sky Racing VR46.

Team VR46 diturunkan pertama kali di Moto3 pada 2014, namun usai Vittoriano Guareschi memilih mundur, Rossi langsung menunjuk eks pembalap Grand Prix yang juga anak dari mendiang 13 kali juara dunia Angel Nieto, Pablo Nieto, untuk menjabat sebagai manajer timnya.

Kepercayaan Rossi pada Nieto tumbuh ketika Nieto sukses memimpin Team Calvo menjuarai Moto3 2013 bersama Maverick Vinales, yang kala itu juga menaungi rider perempuan yang kini menjadi juara WorldSSP 300, Ana Carrasco.

1 dari 3 halaman

Antar Maverick Vinales Juarai Moto3 2013

Marco Bezzecchi, Luca Marini, Celestino Vietti, dan Andrea Migno (c) VR46 Riders Academy Marco Bezzecchi, Luca Marini, Celestino Vietti, dan Andrea Migno (c) VR46 Riders Academy

Sejak 2017, kepercayaan Rossi pada Nieto bahkan bertambah saat Team VR46 melebarkan sayap di Moto2. Nieto sama sekali tak terbebani menjadi manajer sebuah tim asal Italia, bahkan jika tim itu milik Rossi, sang ikon balap motor asal Negeri Pizza. Ia malah tersanjung diminta memegang jabatan ini.

"Vale minta saya memimpin pada 2015. Saya sama sekali tak 'pusing'. Kala itu saya baru menjuarai Moto3 bersama Maverick. Jadi, kalau soal pusing sih, sama sekali tidak. Saat saya datang, tadinya cuma ada dua motor Moto3. Kemudian, kami tambah satu lagi, tapi lalu kami turun di Moto2. Kami berkembang pesat," ujar Nieto via Mundo Deportivo, Senin (28/9/2020).

Nieto bahkan mengaku Rossi bekerja cukup dekat dengannya, dan benar-benar memantau kinerja tim dan para ridernya. "Ia selalu bertanya, 'Bagaimana keadaan hari ini? Bagaimana jalannya latihan? Apa yang terjadi sampai-sampai si rider tidak cepat? Bilang pada Celestino bahwa aku lihat dia melebar di Tikungan 4.' Ia paham betul kami di sini untuk menang," kisahnya.

2 dari 3 halaman

Juga Perhatikan Anggota VR46 Riders Academy Lainnya

Nieto pun mengakui jabatannya mewajibkannya 100% fokus mengurus Sky Racing VR46. Namun, bukan berarti ia tak memperhatikan rider VR46 Riders Academy lainnya yang tak membela tim itu. Menurutnya, memperhatikan rider Academy lain juga bisa memberinya bahan masukan untuk para ridernya di tim.

"Academy Vale bekerja sangat hebat. Saya lebih fokus pada tim, tapi melihat rider Academy lainnya di juga menakjubkan. Memang beberapa di antara kami mengurus Academy, tapi tugas utama saya 100% pada tim. Tim ini bagai anak saya sendiri," pungkas Nieto, yang juga kawan baik aktor 'Thor', Chris Hemsworth ini.

Nieto, yang kini berusia 40 tahun, merupakan eks pembalap GP125. Sepanjang kariernya, ia mengoleksi 8 podium, termasuk satu kemenangan bersama Aprilia. Hasil terbaiknya adalah peringkat keenam pada klasemen pembalap pada tahun 2002 dan 2004.

Sumber: Mundo Deportivo

3 dari 3 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR