BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kisah Marquez Nyaris Mundur dari MotoGP Valencia 2015 demi Hindari Konfrontasi Rossi

03-04-2020 10:02 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Valentino Rossi (c) AFP Marc Marquez dan Valentino Rossi (c) AFP

Bola.net - Eks Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo, blak-blakan mengaku sempat usul agar Marc Marquez, sekaligus Dani Pedrosa, ditarik dari balapan MotoGP Valencia, Spanyol pada 2015, demi menghindari konfrontasi dengan Valentino Rossi. Hal ini ia sampaikan via Moto.it pada Senin (30/3/2020).

MotoGP 2015 memang dikenal sebagai salah satu masa terkelam dunia balap motor, yakni ketika Rossi menuduh Marquez sengaja bermain-main dengannya dalam balapan di Phillip Island, Australia (yang dimenangi Marquez), demi membantu Jorge Lorenzo meraih gelar dunia.

Suppo menyebut Rossi mulai mendesak Marquez mengakui perbuatannya dalam pesta perayaan kemenangan yang digelar di Phillip Island, malam usai balapan berakhir. "Peristiwa itu terjadi karena ada dua pebalap 'alfa' yang bertarung sengit: juara baru melawan juara lama," kisah Suppo.

1 dari 3 halaman

Honda Bersitegang dengan Yamaha

"Phillip Island 2015 balapan yang menakjubkan. Honda selalu mengadakan pesta di Phillip Island, di mana rider lain juga berdatangan. Malam itu, Vale juga hadir. Pada saat itulah pertama kali Vale mengatakan 'sesuatu' pada Marc. Padahal itu balapan yang klasik," lanjut Suppo.

Tuduhan itu akhirnya Rossi layangkan secara publik dalam jumpa pers di Sepang, Malaysia, di mana ia dan Marquez makin bersitegang usai bersenggolan di Tikungan 14. Akibat insiden ini, Rossi 'dikirim' ke posisi start terbuncit di Valencia usai dinilai menyenggol Marquez sampai terjatuh.

Honda juga ikut naik pitam. Mereka bahkan bertekad membeberkan semua data telemetri motor Marquez untuk membuktikan Rossi sengaja menendangnya di Sepang. Meski begitu, niatan ini justru ditahan oleh FIM dan Dorna Sport, dan sampai saat ini masih menjadi rahasia.

2 dari 3 halaman

Sempat Ingin Tarik Mundur Marquez-Pedrosa

Saking kecewanya dengan peristiwa itu, Suppo sempat usul kepada Vice President Honda Racing Corporation (HRC) saat itu, Shuhei Nakamoto, untuk menarik Marquez dan Pedrosa dari balapan di Valencia, demi menghindari konfrontasi Rossi dan membiarkan Rossi bertarung sendiri dengan Lorenzo.

"Bagaimanapun cara Anda melihatnya, 2015 adalah periode yang sangat buruk untuk dunia balap motor. Di Valencia, ada ketegangan yang sangat kental. Saya sampai usul kepada Nakamoto untuk menurunkan Marc dan Dani dalam balapan, tapi suruh mereka masuk ke garasi satu lap kemudian," kisahnya.

Meski begitu, gagasan ini ditolak mentah-mentah oleh Nakamoto. "Saya dan Nakamoto pun tak bisa mencapai kata sepakat, juga atas beberapa alasan tepat lainnya. Pada akhirnya, Marc dan Dani tetap turun dan balapan berjalan seperti yang Anda tahu," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR