BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kini Bimbing Baldassarri, Dovizioso Tekad Bikin Akademi Seperti Rossi

09-04-2020 15:05 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, menyatakan dirinya tengah menggodok rencana untuk membentuk sebuah akademi balap di Italia, seperti VR46 Riders Academy yang dibentuk rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sejak 2014. Hal ini ia sampaikan via Tuttosport.

Karakternya yang tenang dan cara berpikirnya yang dingin memang membuat Dovizioso menjadi panutan banyak rider muda MotoGP. Sang tandem, Danilo Petrucci, bahkan mengakui bahwa Dovizioso merupakan salah satu orang paling berjasa dalam kariernya di MotoGP sejak 2012 lalu.

Kini, Dovizioso bahkan dapat 'anak didik' baru, yakni Lorenzo Baldassarri, yang akhir tahun lalu memutuskan untuk keluar dari VR46 dan kini dimanajeri oleh Simone Battistella, yakni manajer pribadi Dovizioso dan Alvaro Bautista. Meski begitu, Dovizioso menolak disebut 'guru'.

1 dari 3 halaman

Salah Satu Rahasia Valentino Rossi

"Meski saya salah satu rider top, saya harus terus belajar dari pebalap dan generasi lain. Lorenzo dan Danilo adalah dua rider bertalenta, tapi saya tak meletakkan diri saya sebagai guru mereka. Kami hanya punya gagasan untuk saling belajar," ujar 'Dovi' seperti yang dikutip Paddock GP.

Menurut rider berusia 34 tahun ini, hal tersebut juga diterapkan oleh Rossi di akademinya. Dovizioso pun menyaksikan sendiri program simbiosis mutualisme di VR46, mengingat ia juga kerap ikut berlatih di Motor Ranch bersama Rossi dan anak-anak didiknya.

"Vale juga melakukannya. Rahasia dan tuntunannya sangatlah penting bagi anak-anak yang ia mentori, dan ia juga bisa mendapatkan pelajaran dari mereka. Itulah alasan ia tetap jadi salah satu rider terbaik sampai sekarang," ungkap tiga kali runner up MotoGP ini.

2 dari 3 halaman

Tekad Bantu Generasi Muda Italia

Dovizioso pun tak memungkiri bahwa dirinya tengah berencana membentuk akademi seperti VR46, meski belum mau banyak bicara. Akademi seperti Vale? Saya tengah mengerjakannya, tapi ini bukan waktunya untuk mengumumkan," tuturnya.

"Saya ingin melakukan semuanya dengan tepat. Saya punya rencana bagus, semoga bisa terwujud, meski sulit melakukannya di Italia. Tapi saya sudah menemukan tempat yang tepat. Generasi muda Italia bakal dimanjakan dengan banyak pilihan!" pungkasnya.

Selama ini, Dovizioso sendiri bertempat tinggal di Forli, Italia, dan melakukan berbagai latihan fisik dan motor di sana. Sejak awal 2019, Petrucci juga memutuskan pindah dari Terni ke Forli untuk mempermudah program latihannya bersama Dovizioso.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR