BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Kemenangan di MotoGP Austin Tanda Marc Marquez Belum Lupa Cara Balapan'

07-10-2021 11:50 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Crew chief Marc Marquez di Repsol Honda, Santi Hernandez, lagi-lagi dibuat terharu melihat ridernya itu sukses merebut kemenangan kedua di MotoGP Austin, Texas, Minggu (3/10/2021). Itu adalah podium ketiga dan kemenangan kedua Marquez musim ini. Lewat Diario AS, Hernandez menyebut kemenangan ini sangat bermakna.

Marquez diketahui belum pulih benar dari cedera patah tulang lengan kanannya, yang saat ini justru mengalami komplikasi dengan cedera bahu kanan yang ia derita pada 2019. Kemajuan kondisi fisik dan performanya memang terus terlihat, namun ia belum bisa tampil maksimal, terutama di trek-trek yang mengalir ke kanan, alias searah jarum jam.

Di lain sisi, Marquez tampil baik di trek-trek ke kiri, yang mengalir berlawanan dengan arah jarum jam. Hal ini terbukti lewat kemenangannya di Sachsenring, begitu juga duel hebatnya dengan Pecco Bagnaia di Aragon, di mana ia finis kedua. Performa ini terulang di Austin, di mana ia meraih kemenangan yang ketujuh di trek tersebut.

1 dari 2 halaman

Sachsenring dan Austin Sama Pentingnya

Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC
Marc Marquez dan Santi Hernandez (c) HRC

"Bagi Marc, sangat menyenangkan bisa berada di puncak lagi. Ini berarti ia belum lupa cara mengendarai motor. Ini imbalan untuk kerja kerasnya demi pulih. Ini bukan tahun yang mudah. Hasil ini bikin kami semangat dan bahagia, terutama Marc, yang selama ini menderita," ujar Hernandez seperti yang dikutip MotoGP.com, Selasa (6/10/2021).

Dalam wawancara ini, Hernandez yang sudah menjadi crew chief Marquez sejak di Moto2 2011, ditanya soal kemenangan mana yang lebih berarti di antara Sachsenring dan Austin. Pria yang juga eks teknisi elektronik Valentino Rossi ini pun menyebut keduanya sama penting, namun Sachsenring lebih emosional.

"Kemenangan di Jerman dan Austin sama penting. Usai melewatkan setahun tanpa balapan, dan musim yang kami lalui, setiap kemenangan terasa penting. Saya tak menilai satu pun lebih rendah. Namun, memang benar kemenangan di Jerman terasa lebih emosional karena kami sudah lama tak menang," lanjut Hernandez.

2 dari 2 halaman

Proses Pemulihan Tak Pernah Mandek

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Hernandez pun mengaku sangat berharap Marquez bisa menang lagi sebelum musim ini berakhir, meski paham betul bahwa ini bukan misi yang mudah. "Semoga kami bisa menang lagi pada sisa musim ini. Demi inilah kami bekerja. Namun, tahun ini memang tak mudah naik podium," ungkap pria asal Spanyol ini.

"Sungguh 'mahal' harganya demi bertarung di depan. Bagi kami, tahun ini hanya masa untuk memahami motor dan melihat apa yang bisa kami perbaiki, serta melihat bagaimana kami bisa mulai bekerja untuk tahun depan. Marc pun bisa pulih dan secara bertahap kembali dapat sensasinya yang dulu," lanjutnya.

Hernandez juga menegaskan, meski lamban, proses pemulihan Marquez terus berjalan positif. "Jika kita bandingkan Portimao dengan sekarang, tentu ada progres. Ia tak pernah 'terjebak' pada masa pemulihannya. Prosesnya memang lamban, hingga hasilnya tak terlalu baik. Namun, ia tak lagi semenderita dulu," tutupnya.

Sumber: Diario AS, MotoGP

KOMENTAR