BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kembali Gagal Finis di Jerman, Alex Rins Akui Kesalahan

09-07-2019 09:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengakui kesalahannya atas hasil gagal finis yang ia alami dalam MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada Minggu (7/7). Ini adalah gagal finis kedua beruntun Rins, usai mengalami kecelakaan di Assen, Belanda sepekan sebelumnya.

Start keempat, Rins naik ke posisi 3 pada lap pertama, usai menyalip Jack Miller. Pada Lap 4, ia pun menyalip Maverick Vinales dan merebut posisi 2. Rider Spanyol ini mampu mempertahankan posisi tersebut dan nyaman berkendara. Sayangnya, ia terjatuh di Tikungan 11 pada Lap 19.

Sesaat sebelum terjatuh, Rins berada 3,2 detik di belakang Marc Marquez, dan satu detik di belakang Vinales. Rins pun menyayangkan kegagalannya meraih podium, namun bersyukur dirinya bebas dari cedera mengingat Tikungan 11 merupakan tikungan cepat yang dikenal cukup berbahaya.

"Saya beberapa km/jam lebih cepat dari lap sebelumnya, jadi ban depan saya selip. Itu bukan tempat terbaik untuk terjatuh, tapi saya baik-baik saja. Kami sangat kuat, menjalankan start dan strategi yang baik. Saya menyalip Jack dan Mack dengan cepat, karena ritme saya lebih baik. Saya sangat nyaman," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Akui Tak Bisa Tempel Marquez

Meski mengakui kekuatan performanya, Rins tetap ragu dirinya bisa memberikan tantangan kepada Marc Marquez andai tak terjatuh. Ia mengaku takjub melihat rider Repsol Honda tersebut langsung menciptakan margin yang cukup lebar dari Vinales hanya dalam tiga lap.

"Marc lebih kuat dari kami. Ia start dengan baik. Ia ada di posisi pertama dan langsung membuka gap dengan Maverick, dan saya ada di belakangnya. Saya tak bisa menempelnya, ia lebih kuat. Setelah saya jatuh, semua orang mulai berkendara lebih lamban karena performa ban menurun. Sungguh disayangkan," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Bantah Ambil Risiko Kelewat Tinggi

Di lain sisi, Rins membantah dirinya kelewat ngotot demi mengejar Marquez. Ia mengaku tetap berkendara sesuai dengan potensi ritme balapnya, dan justru mengakui bahwa kecelakaan yang ia alami hanya diakibatkan kesalahan kecil. Ia pun menolak terlalu berlarut-larut dalam kekecewaan ini.

"Saya tak ambil terlalu banyak risiko. Risiko yang saya ambil sama saja. Saya berkendara sesuai dengan ritme balap kami. Itu hanya kesalahan kecil. Kami harus mengambil hal positifnya, bahwa kami sangat kuat di Assen dan di sini. Saya berkendara dengan baik di sesi latihan, menjalani start dari area depan. Kini kami akan rehat sejenak, lalu pergi ke Brno," tutupnya.

Menjelang rehat musim panas, Rins pun tetap berada di peringkat 4 pada klasemen pebalap dengan koleksi 101 poin, tertinggal 20 poin dari Danilo Petrucci di peringkat 3. Usai liburan, ia dan rider MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan di MotoGP Brno, Ceko, pada 2-4 Agustus.

5 Bek Tersukses Manchester United yang Patut Ditiru Harry Maguire dan Wan Bissaka

KOMENTAR