BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kelelahan Tapi Bahagia: Marc Marquez Jalani 87 Lap di Uji Coba Catalunya

08-06-2021 15:18 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, membuat seisi paddock MotoGP takjub melihatnya menjalani 87 lap dalam uji coba pascabalap di Catalunya, Spanyol, Senin (7/6/2021). Jumlahnya memang tak sampai ratusan, namun ia jadi rider dengan lap terbanyak ketika cedera lengan dan bahunya belum pulih benar.

Banyaknya lap yang dilakoni Marquez ini pun seolah mengonfirmasi adanya peningkatan kondisi fisiknya. Apalagi jika melihat ia tampil cukup kompetitif dalam tujuh lap perdana MotoGP Catalunya pada Minggu (6/7/2021), yang ia sebut sebagai tujuh lap terbaiknya musim ini, sebelum terjatuh dan gagal finis pada Lap 8.

Kepada GPOne, Marquez mengaku kelelahan, namun sangat bahagia bisa dapat kans mengendarai RC213V tanpa beban kompetisi di uji coba ini. Pasalnya, ia absen dari uji coba pascabalap di Jerez akibat tubuhnya kaku-kaku usai dua kecelakaan. Ia pun dapat tugas menjajal beberapa perangkat baru, namun itu bukan prioritas.

1 dari 3 halaman

Yang Penting Jalani Banyak Lap

"Saya kelelahan, tapi saya butuh hari seperti ini untuk berkendara. Saya menjajal beberapa perangkat, namun yang paling penting adalah lap, dan itu yang saya lakukan. Awalnya tak terlalu buruk, namun pada siang hari, saya pilih tak terlalu ngotot. Kini saatnya rehat, memperbaiki kondisi fisik. Hari ini bakal penting untuk masa depan," ujar Marquez.

Marquez pun mengaku menjajal beberapa fairing baru dari Honda, karena masih punya satu kesempatan lagi untuk mengajukan homologasi aerodinamika. Marquez pun mengakui ada kemajuan, namun tak merasakan perbedaan signifikan. Ia juga sempat mengendarai RCV versi 'hitam', yang diduga prototipe untuk 2022. Namun, ia membantah.

"Saya menjajal banyak hal. Saya juga sempat pakai motor hitam, namun itu bukan prototipe. Sangat mirip dengan yang saya pakai sekarang, namun kami butuh untuk memastikan beberapa konsep untuk masa depan. Kami akan melanjutkan tugas yang satu ini di uji coba Misano," ungkap delapan kali juara dunia.

2 dari 3 halaman

Bungkam Soal RC213V Versi 'Hitam'

Ketika diminta untuk menjelaskan hal-hal baru apa saja yang terdapat pada RCV versi 'hitam' tersebut, rider berusia 28 tahun ini memilih bungkam. "Saya tak bisa menjelaskan lebih spesifik, atau mereka akan membunuh saya!" guraunya. "Tapi mesinnya sama. Hanya ada beberapa perbedaan pada keseimbangan."

"Saya mendapatkan perubahan besar setiap kali saya masuk lintasan untuk memahami masalah yang ada dan arah mana yang harus dituju. Ini bukan hari yang buruk. Saya bisa berkendara lebih baik daripada sepanjang pekan balap, dan ini positif," pungkas Marquez.

Marquez akan kembali turun lintasan di sirkuit favoritnya sekaligus trek yang ia menangi 10 kali beruntun, yakni Sachsenring, Jerman, pada 18-20 Juni nanti. Uji coba Misano pun diperkirakan akan digelar setelah pekan balap MotoGP San Marino pada pertengahan September nanti.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR