BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Kelanjutan Karier Valentino Rossi Bukan Masalah Usia'

18-02-2020 11:15 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, takkan memaksa Valentino Rossi untuk segera menentukan masa depannya. Dalam wawancara dengan GPOne, Ezpeleta mengaku akan selalu memberikan dukungan kepada Rossi, apa pun keputusannya.

Selama tiga pekan terakhir, Rossi memang menjadi pusat perhatian paddock MotoGP, setelah Yamaha menyatakan posisinya di Monster Energy Yamaha musim depan bakal diambil alih Fabio Quartararo. Uniknya, Rossi sendiri belum punya rencana pasti untuk pensiun.

The Doctor bahkan mengaku akan menggunakan 7-8 seri perdana musim ini untuk mengevaluasi performanya. Jika ia terbukti masih mampu tampil kompetitif, maka ia bersedia membela Petronas Yamaha SRT, dan Yamaha akan memberinya dukungan teknis terbaik.

1 dari 2 halaman

Valentino Rossi Lebih Bugar dari 10 Tahun Lalu

"Saya selalu punya rasa hormat tinggi untuk Vale. Saya tak pernah tanya soal pensiun padanya. Saya rasa itu kurang menghormati. Saya tak yakin ini masalah usia. Jika Anda lihat Vale sekarang, fisiknya jauh lebih bugar ketimbang 10 tahun lalu, karena sekarang ia latihan, sementara dulu tidak!" tutur Ezpeleta.

Pria Spanyol ini mengaku akan mendukung Rossi jika ingin lanjut balapan, tapi juga akan menghormati keputusannya jika ingin pensiun. Ezpeleta juga menyatakan takkan memaksa Rossi untuk segera meluncurkan proyek baru untuk tetap terlibat di MotoGP pasca pensiun nanti.

"Usai bertahun-tahun, mungkin ia lelah berkompetisi. Tapi jika ingin lanjut, ia akan selalu dapat dukungan dari saya. Kami akan bicara soal masa depannya saat ia benar-benar pensiun nanti. Tapi tampaknya ia tak mau menurunkan tim di MotoGP, setidaknya untuk saat ini," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Valentino Rossi Bisa Lakukan Apa pun

"Saya tak mau mengatur-atur soal apa yang akan ia lakukan setelah pensiun. Tapi apa pun yang ia minta dari saya, akan saya coba bantu wujudkan baik dari sudut pandang personal maupun dari sudut pandang orang yang menjalankan kejuaraan ini," lanjut Ezpeleta.

Dia lain sisi, Ezpeleta juga mengaku sama sekali tak heran jika Rossi meluncurkan proyek-proyek lain di luar arena MotoGP, misalnya membuka peluang bisnis lain, atau bahkan turun di kejuaraan-kejuaraan balap mobil yang levelnya cukup bergengsi.

"Vale bisa melakukan apa pun yang ia mau, karena ia kompeten di banyak area. Karakternya menyenangkan, dan ia tahu cara bicara dengan orang. Itulah yang saya lihat darinya. Ia telah menciptakan industri yang hebat. Semua yang dibangun berdasar VR46 bisa membuatnya melakukan apa pun," pungkasnya.

KOMENTAR