BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Kecelakaan Hebat Jorge Martin di Portimao Terjadi Karena Dia Pemberani'

22-04-2021 14:50 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, telah sukses menjalani operasi pada tangan dan kakinya di Barcelona, Spanyol, pada Rabu (21/4/2021). Kini rider berstatus debutan tersebut akan memulai tahap rehabilitasi agar bisa kembali berkompetisi di MotoGP dalam waktu dekat.

Martin, yang meraih pole dan finis ketiga di Seri Doha, memang jadi pusat perhatian usai terjatuh keras di Tikungan 7 dalam sesi FP3 MotoGP Portimao, Sabtu (17/4/2021). Ia sulit bergerak usai terguling-guling di area gravel, hingga petugas trek meminta sesi dihentikan sementara untuk mengevakuasi Martin dari TKP.

Saat akhirnya tubuh Martin bisa ditandu menuju ambulans, MotoGP pun menampilkan notifikasi di layar televisi bahwa Martin dalam keadaan sadar. Namun, menurut keterangan juara dunia Moto3 2018 ini, ternyata dirinya sempat hilang kesadaran sejenak, yakni saat kepalanya membentur aspal.

1 dari 3 halaman

Sempat Tak Sadarkan Diri

Martin mengaku mengalami tujuh cedera berbeda, di antaranya retak tulang metakarpal pada tangan kanan, retak pada lutut, serta kerusakan engkel. Operasi telah dilakukan di Barcelona pada Rabu (21/4/2021), dan Martin dipastikan absen dari Seri Jerez, Spanyol, 30 April-2 Mei.

"Tikungan 7 adalah tikungan kanan pertama sejak Anda keluar dari garasi. Saya punya terbang, dan ketika saya jatuh dengan kepala membentur tanah lebih dahulu, saya tak sadarkan diri. Saat itulah saya mulai berguling-guling di gravel, hingga saya meretakkan tujuh tulang," tutur Martin kepada MotosanES.

Rider Aprilia Racing Team Gresini yang juga sahabat Martin, Aleix Espargaro, mengaki prihatin Martin harus mengalami kecelakaan sedahsyat ini dalam pekan balap ketiganya di MotoGP. Namun, ia juga yakin bahwa kecelakaan ini terjadi karena Martin pemberani dan gigih mempelajari motor Ducati Desmosedici GP21 miliknya.

2 dari 3 halaman

Jorge Martin Memang Harus Berani

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

"Jorge masih sangat muda. Situasi yang naik-turun ini, usai meraih pole dan kini mengalami kecelakaan besar, terjadi karena ia memang berusaha. Ia masih harus mempelajari motornya, dan jika Anda sangat pemberani seperti Jorge, maka hal macam ini bisa saja terjadi," ungkap Espargaro kepada Crash.net, Kamis (22/4/2021).

"JIka Anda merupakan rider yang lebih rileks, mungkin Anda takkan mengalami kecelakaan-kecelakaan besar macam ini. Namun, Anda juga takkan naik podium. Jadi, saya lebih pilih jadi pemberani saja dan mengalami kecelakaan macam ini. Semoga Jorge bisa segera kembali balapan," lanjut rider 31 tahun ini.

Di Jerez nanti, Martin akan digantikan oleh rider Barni Racing Team WorldSBK yang baru mundur dari MotoGP akhir musim lalu, Tito Rabat. Martin mengaku kemungkinan besar dirinya juga akan absen dari MotoGP Le Mans, Prancis, dan menargetkan kembali di Mugello, Italia.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR