'Kalahkan Lewis Hamilton, Gelar F1 Max Verstappen Makin Bernilai Tinggi'

Anindhya Danartikanya | 14 Desember 2021, 12:40
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal Red Bull Racing Honda, Christian Horner, yakin gelar dunia Formula 1 2021 yang disabet Max Verstappen di Abu Dhabi pada Minggu (12/12/2021) makin terasa berharga tinggi karena ia mengalahkan tujuh kali juara dunia sekaligus pemegang rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah, Lewis Hamilton.


Dalam balapan itu, Verstappen yang start dari pole, tersalip Hamilton di trek lurus selepas start. Pada Lap 53, Hamilton masih unggul 11,5 detik. Namun, Nicholas Latifi menghantam dinding pembatas dan mengundang Safety Car. Red Bull pun meminta Verstappen melakukan pit stop pada Lap 54 untuk mengganti ban keras ke lunak.

Pada akhir Lap 57, Hamilton dan Verstappen bersisian saat Safety Car masuk ke pit. Pada awal Lap 58, Verstappen pun menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan balap di Tikungan 5. Verstappen mampu mempertahankan posisi pertama sampai bendera finis dikibarkan. Dengan begitu, ia menjadi juara dunia dan Hamilton jadi runner up.

1 dari 2 halaman

Kalahkan Pembalap Terbaik

Christian Horner dan Max Verstappen (c) AP Photo

Sejak awal musim, Verstappen dan Hamilton memang sengit berebut gelar dunia. Saking sengitnya, keduanya tiba di Abu Dhabi dengan sama-sama mengantongi 369,5 poin. Selain meraih gelar dunia, Verstappen juga mengoleksi 18 podium dan 10 kemenangan, dibanding Hamilton yang meraih 17 podium dan 8 kemenangan.

"Anda harus melihat musim ini secara berimbang selama 22 balapan. Max sungguh luar biasa tahun ini. Kadang-kadang ia tak beruntung, tapi selalu fokus. Ia berkendara dengan hati, semangat, kemampuan hebat, dan motivasi. Saya rasa ia benar-benar juara dunia yang layak," ujar Horner via Motorsport.com, Senin (13/12/2021).

"Saya rasa fakta bahwa Max mampu menyerang dan mengalahkan Lewis, yakni pembalap yang sangat kuat dan paling sukses dalam sejarah, hanya membuat gelar dunia ini lebih berharga. Saya rasa semua kredit ada pada Lewis. Musim ini ia juga kembali berkendara dengan luar biasa, dan sangat senang atas hasilnya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Masih 24 Tahun, Sudah Juara

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Sebelum periode Safety Car berlangsung akibat kecelakaan Latifi, Horner sempat berkata pada Sky Sports bahwa timnya butuh keajaiban agar Verstappen menang dan juara. Pasalnya, Hamilton unggul jauh. Harapan itu akhirnya terwujud, dan Horner sangat bangga karena Verstappen tak menyerah sedikit pun sampai akhir.

Pria asal Inggris ini pun turut bahagia untuk Verstappen karena pembalap Belanda itu berhasil mewujudkan impiannya jadi juara. "Saya sudah bilang bahwa kami butuh sesuatu dari dari dewa-dewa balap, dan mereka menjawab doa kami. Jadi, terima kasih kepada mereka," tuturnya.

"Kami sangat bangga pada Max. Anda harus ingat ia adalah anak muda yang tengah menjalani mimpinya. Ia mengalahkan pembalap terbaik di dunia, terbaik sepanjang masa secara statistik. Ia berjuang keras di tiap balapan, tampil luar biasa tahun ini. Mengingat ia masih 24 tahun, saya rasa ini cukup impresif," pungkas Horner.

Sumber: Motorsportcom

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR