Kagumi Trio WorldSBK, Andrea Dovizioso Tolak Join Usai Pensiun dari MotoGP

Anindhya Danartikanya | 14 Juni 2022, 13:33
Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK
Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, secara tegas memastikan dirinya takkan pindah ke WorldSBK usai pensiun dari MotoGP. Hal ini ia sampaikan kepada WorldSBK.com saat menjadi tamu Pata Yamaha WorldSBK di Sirkuit Misano dalam Seri Emilia Romagna, Italia, Minggu (12/6/2022).

Seri Emilia Romagna kali ini kedatangan banyak tamu spesial. Selain Dovizioso, ada Valentino Rossi, Pecco Bagnaia, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi. Dovizioso juga datang mendukung kawan baiknya dari Aruba.it Racing Ducati, Michael Ruben Rinaldi, yang juga beberapa kali mengunjungi 'Dovi' di MotoGP. Ia pun terkesan pada eks rider MotoGP, Alvaro Bautista, yang dua kali menang.

"Alvaro sangat kompetitif, saya kenal dia dengan baik. Ia tak hanya cepat, melainkan juga tahu cara mengendalikan balapan dengan baik. Mengingat tubuhnya ringan, ia berakselerasi dengan baik. Ini mengurangi beban pada ban belakang. Itulah alasan ia tetap cepat pada akhir balapan. Ini adalah tantangan besar bagi rider lain," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Sebut Toprak Razgatlioglu 'Gila'

View this post on Instagram

A post shared by WorldSBK (@worldsbk)

Dovizioso juga bertemu sang juara dunia bertahan, Toprak Razgatlioglu. Ia kagum pada gaya balap rider asal Turki tersebut, yang sukses mematahkan rekor enam gelar dunia beruntun milik rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea. Ia juga mengaku yakin pertarungan Bautista, Razgatlioglu, dan Rea bakal sengit sampai akhir musim.

"Toprak itu gila. Dari luar, sulit memahami bagaimana ia bisa melakukannya. Gaya balapnya unik dang sangat berbeda. Saya sulit memahami caranya mengerem sangat lambat, lebih lambat daripada Jonny, yang juga sangat baik dalam mengerem. Menonton Toprak sungguh menyenangkan karena ia sangat agresif sampai tikungan terakhir," tuturnya.

"Jonny juga sangat hebat, ia selalu bersenang-senang. Rasanya menyenangkan melihatnya selalu mengerahkan yang terbaik. Saat ini, ia tak punya kecepatan seperti Alvaro, namun ia punya mental juara dan ini sangat baik untuknya. Saya rasa pertarungan mereka semua bakal seru sampai akhir musim," lanjut tiga kali runner up MotoGP ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Fokus ke Motocross Lagi

Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK

Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK

Di lain sisi, saat ini Dovizioso santer digosipkan bakal terdepak dari WithU RNF yang musim depan pindah ke Aprilia dan mengincar rider muda. Rider berusia 36 tahun ini pun tak menepis kemungkinan itu, namun menolak bergabung ke WorldSBK. Ia mengaku ingin kembali ke motocross, yakni 'cinta' pertamanya sebelum banting setir ke road racing.

"Saya rasa saya takkan berpartisipasi di WorldSBK. Saya sudah balapan di kejuaraan dunia selama 20 tahun. Ini bukan soal WorldSBK atau MotoGP, melainkan soal kesiapan bertarung. Saya ingin memulai proyek baru. Saya mungkin akan menikmati kehidupan saya, mengendarai motocross, dan melakukan hal-hal lain yang ada di pikiran saya. Jadi, saya takkan bergabung," pungkasnya.

Dovizioso yang juga merupakan juara dunia GP125 2004, saat ini sangat kesulitan tampil kompetitif bersama YZR-M1. Belum juga menapakkan kaki di podium, kini ia tengah berada di peringkat 22 pada klasemen pembalap dengan 8 poin saja, tertinggal 2 poin dari tandemnya yang berstatus debutan, Darryn Binder.

Sumber: WorldSBK

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR