Kaget Naik Podium di Austin, Alex Rins Puji Ketangguhan Bastianini-Miller

Anindhya Danartikanya | 13 April 2022, 11:46
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, ternyata sama sekali tak menduga bisa naik podium di MotoGP Austin pada Minggu (10/4/2022), di mana ia sukses finis kedua. Kepada GPOne, Rins mengaku ia sempat yakin bahwa kans mendapatkan trofi sangatlah kecil karena ia start dari barisan ketiga akibat terpuruk di kualifikasi.


Dalam balapan ini, Rins start ketujuh, dan sempat melorot ke posisi 9 pada lap pembuka usai tersalip Taka Nakagami dan Joan Mir. Namun, dalam dua lap, ia berhasil membalas keduanya. Sejak itu, Rins terus gaspol, menyalip Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia, dan Johann Zarco.

Pada Lap 10, Rins pun menyerang Enea Bastianini, berebut posisi 3. Kompak melihat ini sebagai momen kritis, keduanya makin gaspol dan menyalip Jorge Martin pada Lap 12. Mereka juga berhasil mengejar Jack Miller yang memimpin sejak start. Bastianini menyalip Miller pada Lap 16, sementara Rins menyusul pada Lap 20.

1 dari 2 halaman

Angkat Topi untuk Bastianini dan Miller

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) AP Photo

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) AP Photo

Melihat performanya naik-turun di sesi latihan dan kualifikasi, Rins tak menyangka bisa naik podium. Ia juga mengaku balapan ini tak mudah, karena Bastianini dan Miller sangat tangguh mempertahankan diri. "Saya tak mengira bakal podium. Saya tahu start dari barusan ketiga dan memperbaiki posisi tidaklah mudah di trek ini," tuturnya.

"Saya ngotot mencapai limit dengan mengerem agresif dengan ban depan. Enea cerdas. Saya rasa, saat saya mendekatinya, ia sedang menghemat ban. Namun, sekalinya sadar saya di belakangnya, ia mulai ngotot, dan saya tak punya cara bertahan dengannya. Sejak itu, saya coba mempertahankan ritme saya tetap tinggi," lanjutnya.

"Tapi ketika saya melihat Jack, tak mudah menyalipnya. Dia juga sangat hebat dan mengerem agresif. Saya pun harus mengerahkan segalanya di dua tikungan terakhir. Saya pun mampu mengerem di tempat yang saya mau dan menyalipnya. Itu balapan yang baik," kisah Rins, yang meraih podium ke-500 Suzuki di Grand Prix.

2 dari 2 halaman

Bukti Kerja Keras Suzuki dan Rins

Franco Uncini, Loris Capirossi, Randy Mamola, Alex Rins, Joan Mir, Kevin Schwantz, John Hopkins, dan Maverick Vinales (c) Suzuki Racing

Franco Uncini, Loris Capirossi, Randy Mamola, Alex Rins, Joan Mir, Kevin Schwantz, John Hopkins, dan Maverick Vinales (c) Suzuki Racing

Ini podium kedua Rins, usai ia finis ketiga di Argentina. Meski 2022 baru berjalan empat seri, Rins nyaman dan konsisten di atas GSX-RR, berbeda dari musim lalu, ketika ia kerap terjatuh. "Saya rasa kami bekerja sangat baik di garasi, begitu juga sebelum musim dimulai. Saya bekerja keras mempersiapkan diri pada musim dingin," ujarnya.

"Saya yakin semua faktor ini bersama-sama menunjukkan hasil kerja keras kami. Kini, kami bisa konsisten di semua balapan. Saya rasa, bahkan di trek-trek sebelumnya, kami menjalani akhir pekan dengan lebih baik. Tapi ini masih awal musim, masih banyak balapan tersisa. Jadi, kami harus terus menutupi kelemahan kami," tutupnya.

Kini, Rins berada di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan koleksi 56 poin, tertinggal 5 poin saja dari Bastianini yang ada di puncak. Ia pun akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada 22-24 April 2022 mendatang.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR