BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Justru Maklum, Miguel Oliveira Tak Iri Brad Binder Dapat Kontrak 3 Tahun dari KTM

11-06-2021 11:10 | Anindhya Danartikanya

Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com
Miguel Oliveira dan Brad Binder (c) KTM/MotoGP.com

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, mengaku maklum dan bahkan sama sekali tak iri melihat sang tandem, Brad Binder, mendapatkan perpanjangan kontrak berdurasi tiga tahun dari KTM, yang berarti kerja sama mereka akan bertahan sampai MotoGP 2024, sama halnya seperti Marc Marquez dan Repsol Honda.

Pengumuman kontrak baru Binder ini dirilis usai MotoGP Mugello, hanya beberapa hari sebelum Oliveira memenangi MotoGP Catalunya, Minggu (6/6/2021). Berkat hasil Oliveira ini pula, kesepakatan yang dicapai Binder dan KTM membuat banyak orang heran, karena menurut statistik, raihan Binder masih di bawah rider Portugal itu.

Binder memang merupakan juara dunia Moto3 2016 dan runner up Moto2 2019, namun Oliveira, yang merupakan runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018, meraih empat podium yang termasuk tiga kemenangan di MotoGP, sementara Binder baru meraih satu kemenangan. Uniknya, Oliveira tak dapat kontrak baru sepanjang kontrak Binder.

1 dari 3 halaman

Mungkin KTM Lihat Potensi Besar dari Brad Binder

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Oliveira pun mengaku tenang-tenang saja karena sudah pasti bertahan di tim yang sama pada 2022. "Saya sudah bilang saya punya kontrak dua tahun, yang saya rasa cukup bagus. Sampai musim depan, situasi saya sudah beres. Saya rasa hanya Brad dan Marc yang punya jenis kontrak seperti ini," ujarnya dalam jumpa pers usai balap.

Rider 26 tahun ini pun malah yakin KTM melakukan hal ini karena melihat investasi besar dalam diri Binder. "Marc adalah delapan kali juara dunia, sementara Brad baru menyelesaikan musim perdana. Sudah jelas KTM melihat potensi besar dalam dirinya dan mereka berusaha ambil untung. Saya oke-oke saja soal ini," tuturnya.

Oliveira juga menyatakan bahwa dirinya tak perlu iri pada Binder, yang juga kawan baiknya. Ia yakin ia tak perlu validasi berupa kontrak dari KTM, karena yang terpenting baginya adalah meraih hasil baik di lintasan. Jika hal ini bisa ia lakukan, maka pabrikan Austria tersebut sudah pasti akan menghargai kerja kerasnya.

2 dari 3 halaman

Digoda oleh Jack Miller dan Johann Zarco

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) AP Photo

"Saya hanya berusaha menjalankan pekerjaan, dan saya rasa KTM cukup puas atas apa yang saya lakukan. Saya tak butuh konfirmasi berupa kontrak tiga tahun untuk tahu bahwa mereka menyukai dan menghargai pekerjaan saya. Hal-hal baik pasti akan datang pada waktunya, dan saya hanya harus tetap bekerja keras dan bersabar," tuturnya.

Usai memberikan pernyataan ini, Oliveira pun segera digoda oleh Johann Zarco dan Jack Miller yang juga hadir dalam jumpa pers. "Bagaimana jika mereka menambahkan beberapa angka nol (pada gaji) di kontrakmu yang berikutnya? Kau bakal senang atau tidak?" tanya Miller.

"Itu situasi yang lebih bagus untuk melakukan negosiasi!" ujar Zarco, yang uniknya juga eks pembalap Red Bull KTM Factory Racing, yang digantikan Binder pada 2020 lalu.

"Ayo, berapa nol yang kauinginkan? Jangan malu-malu," tanya Miller lagi.

"Entah apa yang harus kukatakan. Apa yang kuinginkan kan tak selalu sama dengan apa yang layak kudapatkan!" jawab Oliveira sembari tertawa.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR