BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jumlah Balapan Berkurang, Inilah Jadwal Sementara MotoGP 2020

30-05-2020 12:30 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Catalunya, Spanyol 2019 (c) Yamaha MotoGP Catalunya, Spanyol 2019 (c) Yamaha

Bola.net - Jadwal baru MotoGP 2020 semakin terlihat lebih jelas setelah musim balap kali ini terpaksa ditunda akibat pandemi virus corona (Covid-19). La Gazzetta dello Sport belakangan ini melansir gambaran besar tanggal penyelenggaraan 12 seri musim ini.

Sebanyak 12 balapan ini akan digelar di lima negara Eropa, meski kemungkinan jumlahnya bisa bertambah dengan beberapa balapan di luar Eropa, tergantung kebijakan negara penyelenggara dalam menangani Covid-19.

Rencana awal Dorna Sports, musim 2020 akan dimulai di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang akan menggelar dua balapan dalam dua pekan balap beruntun pada pertengahan Juli. Meski begitu, kepastiannya masih harus menunggu persetujuan dari pemerintah Spanyol.

Balapan berikutnya diperkirakan akan digelar di Sirkuit Brno, Ceko, dan dilanjutkan dua balapan beruntun di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Ketiga balapan ini belum memiliki tanggal pasti, namun diperkirakan akan digelar pada pertengahan Agustus.

1 dari 4 halaman

Misano, Aragon, Le Mans, Catalunya, dan Valencia

MotoGP Jerez, Spanyol 2019. (c) AP Photo MotoGP Jerez, Spanyol 2019. (c) AP Photo

Dorna Sports berencana menggelar balapan selanjutnya di Sirkuit Misano, yang belum ditentukan akan bernama GP Italia atau tetap GP San Marino. Rencananya, balapan ini digelar pada 6 September, tapi masih harus menyesuaikan dengan tanggal Formula 1 GP Italia di Sirkuit Monza. Uniknya, Misano juga kemungkinan bisa menggelar dua balapan.

MotoGP kemungkinan juga akan kembali ke Spanyol lewat Sirkuit MotorLand Aragon pada akhir September atau awal Oktober. Rencananya, sirkuit ini akan menggelar dua balapan, tapi juga bisa menyerahkan salah satu slotnya kepada Sirkuit Le Mans, Prancis, yang ingin tetap dilibatkan dalam kalender MotoGP 2020.

Dorna Sports juga rencananya menggelar satu balapan di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, namun tanggal penyelenggaraannya sangat tergantung pada tanggal penyelenggaraan balapan di Le Mans. Musim 2020 pun rencananya tetap ditutup di Sirkuit Valencia, Spanyol, seperti biasa, namun lewat dua balapan.

2 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Balapan di Negara Non-Eropa?

MotoGP Le Mans, Prancis (c) AP Photo MotoGP Le Mans, Prancis (c) AP Photo

Seperti yang dilansir Sky Sport, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, telah menyatakan bahwa balapan di Asia takkan memungkinkan digelar jika tanpa penonton, mengingat MotoGP membutuhkan biaya lebih tinggi untuk transportasi tim, staf, dan logistik kejuaraan.

Meski begitu, Ezpeleta menyatakan balapan di Asia, atau bahkan di Amerika Serikat dan Argentina, bisa saja digelar, tergantung kebijakan pemerintah terkait. Keputusan soal digelar atau tidaknya balapan di negara-negara non-Eropa akan diumumkan pada akhir Agutus.

Jika MotoGP 2020 benar-benar digelar, Dorna Sports pun akan memberlakukan penekanan jumlah pekerja di paddock, di mana hanya pebalap dan mekanik diprioritaskan untuk hadir, serta tak ada media massa dan penonton.

Selain itu juga akan ada protokol medis yang cukup ketat diberlakukan, salah satunya adalah tes PCR untuk para pekerja di paddock baik sebelum berangkat ke negara penyelenggara maupun sepulangnya mereka ke negara masing-masing.

Berikut jadwal balap sementara MotoGP 2020.

3 dari 4 halaman

Jadwal Balap MotoGP 2020

  1. Spanyol - Jerez (19 Juli)
  2. Spanyol - Jerez (26 Juli)
  3. Ceko - Brno (periode 9-23 Agustus)
  4. Austria - Red Bull Ring (periode 9-23 Agustus)
  5. Austria - Red Bull Ring (periode 9-23 Agustus)
  6. Italia - Misano (awal September)
  7. Spanyol - Aragon (akhir September/awal Oktober)
  8. Spanyol - Aragon (akhir September/awal Oktober)
  9. Prancis - Le Mans (akhir September/awal Oktober)
  10. Spanyol - Catalunya (belum dipertimbangkan)
  11. Spanyol - Valencia (25 Oktober)
  12. Spanyol - Valencia (1 November)

Belum diketahui di negara mana saja kejuaraan MotoE akan digelar, mengingat seharusnya ajang balap motor elektrik ini dijadwalkan berlangsung sebanyak lima seri.

4 dari 4 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR