BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jorge Martin: Team Order? Pecco Bagnaia Bukan Rekan Setim Saya

05-10-2021 16:47 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, menegaskan dirinya tak mendapatkan 'team order' dari Ducati Corse untuk membantu rider Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, demi meraih hasil baik di MotoGP Austin, Senin (4/10/2021) dini hari WIB. Hal ini ia sampaikan kepada Corsedimoto.

Seperti Bagnaia dan Jack Miller, Martin menjalani pekan balap yang apik di Austin. Start keempat, ia naik ke posisi ketiga dalam empat lap saja. Sejak itu, ia nyaman berkendara dan punya potensi besar meraih podium. Sayang, ia melakukan kesalahan, melebar di Tikungan 4 pada Lap 17 dan nyaris jatuh.

Apesnya, FIM Stewards menilainya sebagai pelanggaran. Martin dianggap sengaja memotong Tikungan 4-5, hingga dijatuhi long lap penalty. Sialnya lagi, belum juga melaksanakan hukuman itu, Martin juga disalip oleh Bagnaia. Ia pun menjalani hukuman tepat di lap terakhir, hingga ia harus finis kelima karena tersalip Alex Rins.

1 dari 2 halaman

Sebut Hukuman Tak Masuk Akal

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

"Saya justru nyaris jatuh di area itu. Saya tak tahu apa yang harus saya lakukan. Jadi, tak jelas bagi saya mengapa mereka tak coba mempelajari situasi lebih dulu dan memahami mengapa saya memotong jalur itu. Nyatanya saya malah dijatuhi penalti dan ini tidak menyenangkan," ujar Martin.

"Saya harusnya bisa memperebutkan podium, dan saya yakin bisa meraihnya. Long lap penalty ini tak masuk akal. Jika saya dapat risiko terjatuh, dan terpaksa melaju lurus, sudah pasti saya kehilangan waktu. Sebagai tambahan, Stewards malah menghukum saya," lanjut pembalap berusia 23 tahun ini.

Martin juga menyatakan, andaipun ia dapat untung, long lap penalty sama sekali bukan hukuman sepadan. "Saya memang memotong jalur itu, tapi justru kehilangan waktu 0,8 detik. Tapi kenyataannya Anda harus kehilangan sedetik. Jadi, saya harus melakukan long lap hanya untuk 0,2 detik itu," tuturnya kesal.

2 dari 2 halaman

Tetap Akan Coba Kalahkan Pecco Bagnaia

Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse
Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

Di lain sisi, Martin juga menegaskan bahwa dirinya sama sekali tak berniat membantu Bagnaia meraih hasil baik dalam balapan ini, tak seperti yang dilakukan Miller, yang membiarkan Bagnaia lewat pada Lap 13. Martin menyatakan tak ada team order dari Ducati Corse.

Martin juga mengingatkan, Bagnaia bukan rekan setimnya meski sama-sama naik Ducati. "Tak ada team order. Jika saya dan Pecco mencapai akhir balapan bersama-sama, tanpa hukuman, saya akan tetap coba mengalahkannya. Podium ada dalam jangkauan kami, namun ia tak berasal dari tim saya. Jadi, tak ada team order," pungkasnya.

Saat ini, Bagnaia tengah duduk di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan koleksi 202 poin, tertinggal 52 poin dari Fabio Quartararo. Martin sendiri tengah berada di peringkat 11 dengan koleksi 82 poin, tengah memperebutkan gelar debutan terbaik dengan Enea Bastianini, yang tertinggal 11 poin darinya.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR