BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jorge Martin Sempat Tak Sadarkan Diri di MotoGP Portimao, Terancam Absen 2 Seri

21-04-2021 16:24 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, mengaku dirinya sempat tak sadarkan diri saat mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 7 dalam sesi latihan bebas ketiga MotoGP Portimao, Portugal, Sabtu (17/4/2021) lalu. Hal ini ia sampaikan kepada MotosanES, Rabu (21/4/2021).

Martin, yang menggebrak dengan pole dan finis ketiga di Seri Doha, memang menjadi pusat perhatian usai insiden tersebut. Ia tampak sulit bergerak usai terjatuh keras di area gravel, hingga petugas trek meminta sesi dihentikan sementara untuk mengevakuasi Martin dari TKP.

Saat akhirnya tubuh Martin bisa ditandu menuju ambulans, MotoGP pun menampilkan notifikasi di layar televisi bahwa Martin dalam keadaan sadar. Namun, menurut keterangan juara dunia Moto3 2018 ini, ternyata dirinya sempat hilang kesadaran sejenak, yakni saat kepalanya membentur aspal.

1 dari 3 halaman

Kepala Terbentur Lebih Dulu

Martin menyatakan, ia tak sadar saat tubuhnya terguling beberapa kali di atas gravel, sampai petugas trek dan petugas medis berlarian menghampirinya. Rider Spanyol ini juga menduga bahwa kecelakaan tersebut terjadi akibat sisi ban kanannya belum mencapai suhu ideal.

"Tikungan 7 adalah tikungan kanan pertama sejak Anda keluar dari garasi. Saya punya terbang, dan ketika saya jatuh dengan kepala membentur tanah lebih dahulu, saya tak sadarkan diri. Saat itulah saya mulai berguling-guling di gravel, hingga saya meretakkan tujuh tulang," tuturnya.

Martin pun mengaku mengalami begitu banyak cedera, namun yang terparah adalah patah tulang metacarpal tangan kanannya, begitu juga engkel kaki kanan, dan lutut kaki kiri. Ia akan menjalani operasi di tiga area sekaligus pada satu waktu di Barcelona, Spanyol, hari ini.

2 dari 3 halaman

Target Kembali di Mugello

"Tiga dokter akan mengoperasi saya pada saat yang sama. Operasinya bakal lama, karena mereka melakukan segalanya sekaligus. Operasinya juga bakal rumit: satu di tangan kanan, ibu jari kaki, dan lutut kiri saya yang akan butuh waktu lebih lama, kemudian ada cedera lagi di kaki kanan, pada engkel," kisah Martin.

Pembalap berjuluk 'Martinator' ini pun mengaku tampaknya harus absen dua balapan lagi. "Jerez bakal mustahil. Le Mans juga jelas mustahil. Jadi target saya adalah kembali di Mugello. Target saya adalah kembali sebulan atau 1,5 bulan lagi. Yang jelas semuanya bakal berat, karena saya sangat kesakitan," tutupnya.

Jika Martin benar-benar harus absen dari MotoGP Spanyol dan Prancis, kemungkinan besar ia akan digantikan sementara oleh test rider Ducati Corse, Michele Pirro.

Sumber: MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR