BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Jorge Martin Absen 2 Balapan, Target Kembali di MotoGP Mugello

23-04-2021 10:03 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, dipastikan harus absen dalam MotoGP Jerez, Spanyol, dan Le Mans, Prancis, untuk fokus menjalani pemulihan berbagai cedera akibat kecelakaan hebat di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Portimao, Portugal, pada Sabtu (17/4/2021) lalu.

Martin mengalami kecelakaan hebat tersebut di Tikungan 7 Sirkuit Portimao, yang membuat sesi harus dihentikan sementara karena ia harus ditandu oleh petugas trek menuju ambulans. Usai dievaluasi di Medical Center, Martin dinyatakan tidak fit untuk melanjutkan pekan balap.

Rider berstatus debutan ini pun segera ditransfer ke Rumah Sakit Universitas Dexeus di Barcelona, Spanyol, untuk menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut. Ia ternyata mengalami banyak patahan tulang pada bagian tangan dan kaki, hingga harus menjalani operasi.

1 dari 3 halaman

Tito Rabat Jadi Pengganti di Jerez, Belum Ada Nama untuk Le Mans

Operasi pun dilakukan pada area berbeda pada waktu bersamaan, yakni tangan kanan, lutut kiri, dan juga engkel kanan, dan proses ini dilakukan pada Rabu (21/4/2021). Pada hari yang sama, Pramac Racing pun mengumumkan secara resmi bahwa Martin harus absen dari Seri Jerez.

Di Jerez nanti, ia akan digantikan sementara oleh rider Barni Racing Team WorldSBK, Tito Rabat, yang juga eks pembalap MotoGP. Pada Kamis (22/4/2021), Pramac juga mengumumkan bahwa Martin juga akan absen dari Seri Le Mans, meski belum menentukan penggantinya.

Martin yang juga juara dunia Moto3 2018, diharapkan bisa kembali berlaga dalam MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 28-30 Mei nanti, yang juga balapan kandang Ducati. Berikut pernyataan resmi Pramac Racing.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Pramac Racing

"Jorge Martin telah menjalani operasi ekstensif oleh spesialis dr. Xavier Mir, dr. David Campillo, dan dr. Joan Carles Monllau di Departemen Traumatologi (ICATME) Rumah Sakit Universitas Dexeus di Barcelona.

"Pembalap Spanyol ini mengalami beberapa patah tulang: scaphoid, metakarpal pertama tangan kanan dan engkel kiri, yang sudah direduksi oleh operasi, sementara patahan pada tulang piramida pada pergelangan tangan kanan dan metakarpal kelima pada tangan kiri telah direduksi dan diimobilisasi tanpa operasi. Patahan pada plat tibia kiri direduksi lewat arthroskopi.

"Jorge Martin pun dirawat di rumah sakit untuk diobservasi selama 72 jam, dan akan terus diobservasi selama beberapa hari untuk rehat, sebelum memulai masa rehabilitasi, dengan target kembali ke lintasan dalam GP Italia di Mugello."

Sumber: Pramac Racing

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR