BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jorge Lorenzo: Valentino Rossi Sendiri yang Halangi Casey Stoner ke Yamaha

02-12-2021 10:25 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Tiga kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo, baru-baru ini menanggapi pernyataan Casey Stoner, yang mengaku bahwa dirinya sempat dihalangi 'seseorang' dari Yamaha untuk menjadi tandem Valentino Rossi saat masih aktif balapan di kelas para raja.

Jelang balapan terakhir Rossi di Valencia, Spanyol, pada 14 November 2021 lalu, para rival The Doctor menjalani sesi wawancara untuk film dokumenter 'RiVale' yang dirilis oleh DAZN Italia. Dokumenter itu mengisahkan hubungan Rossi dengan para rivalnya seperti Lorenzo, Stoner, Dani Pedrosa, dan bahkan Max Biaggi.

Dalam dokumenter itu, Stoner pun mengisahkan hubungannya dengan Rossi saat mereka sengit bertarung di lintasan. Namun, dua kali juara dunia MotoGP itu juga mengungkapkan hal yang tak diketahui banyak orang, yakni usahanya untuk menjadi tandem Rossi di tim pabrikan Yamaha.

1 dari 2 halaman

Casey Stoner 2 Kali Coba Setim dengan Valentino Rossi

Casey Stoner dan Valentino Rossi (c) Twitter/Official_CS27
Casey Stoner dan Valentino Rossi (c) Twitter/Official_CS27

Stoner memang tak menyebutkan kapan peristiwa itu terjadi, namun keinginannya membela Yamaha muncul ketika melihat kekuatan Rossi di atas YZR-M1. Seperti yang diketahui, sampai saat ini, Rossi masih merupakan rider Yamaha tersukses dengan empat gelar dunia.

Uniknya, pria asal Australia itu mengaku usahanya gagal total usai dihalangi 'orang dalam' Yamaha yang tak ia sebutkan namanya. "Saya dua kali mencoba menjadi tandem Vale. Tapi seseorang di Yamaha menghalangi saya," ungkap Stoner.

"Anda mungkin tahu siapa orang yang saya maksud. Padahal saya bakal senang punya motor yang sama dengan rider seperti Vale, agar saya bisa belajar darinya," ungkap Stoner, yang merebut gelar dunia MotoGP bersama Ducati Team dan Repsol Honda.

2 dari 2 halaman

Hak Veto Wajar Dilakukan

Casey Stoner dan Jorge Lorenzo (c) DucatiCasey Stoner dan Jorge Lorenzo (c) Ducati

Di lain sisi, seperti yang dikutip La Gazzetta dello Sport, Rabu (1/12/2021), Lorenzo justru menyebut Rossi sendiri yang menghalangi Stoner bergabung ke Yamaha. Pria asal Spanyol yang jadi tandem Rossi pada 2008-2010 dan 2013-2016 ini yakin Rossi memveto langkah Stoner agar tak jadi rekan setimnya.

Lorenzo menyatakan, langkah ini wajar saja dilakukan, apalagi Rossi mengaku tak senang atas keputusan Yamaha yang menandemkannya dengan Lorenzo pada 2008 silam. Lorenzo juga menyatakan bahwa dirinya sempat nyaris memveto langkah Rossi kembali ke Yamaha pada 2013 usai dua tahun terpuruk di Ducati.

"Saya tak membayangkan Yamaha akan kembali menggaet Vale. Andai saya tahu, saya jelas akan menghalanginya. Namun, ini hal yang alami. Contohnya saja, meski saya tak tahu benar atau tidak, tampaknya Vale juga sempat memveto Casey untuk pindah ke Yamaha," ungkap Lorenzo.

Sumber: DAZN, La Gazzetta dello Sport

KOMENTAR