BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jorge Lorenzo Senang Kini Banyak Orang Dukung Alex Marquez

05-11-2020 16:44 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Jorge Lorenzo turut senang melihat perkembangan performa debutan Repsol Honda, Alex Marquez, yang belakangan ini menggebrak dengan performa apiknya di MotoGP Prancis, Aragon, dan Teruel. Lewat La Gazzetta dello Sport, Rabu (4/11/2020), Lorenzo menyebut ini adalah kejutan besar.

Marquez jadi sorotan di MotoGP usai Lorenzo memutuskan pensiun secara mendadak di Valencia pada akhir 2019. Meski berstatus juara Moto3 2014 dan Moto2 2019, ia dianggap tak layak jadi pengganti Lorenzo, apalagi membela Repsol Honda yang juga tim sang kakak, Marc Marquez.

Sejak awal, Lorenzo terus memberikan dukungan dan semangat kepada Marquez, sekaligus meyakini bahwa rider berusia 24 tahun itu sangat layak untuk membela Repsol Honda yang merupakan tim paling prestisius dalam sejarah Grand Prix.

1 dari 3 halaman

Tadinya Mengira Bakal Lebih Kesulitan

Jorge Lorenzo saat masih membela Repsol Honda di MotoGP 2019. (c) HRC Jorge Lorenzo saat masih membela Repsol Honda di MotoGP 2019. (c) HRC

Meski terus mendukung, Lorenzo tak malu-malu mengakui ia sempat memprediksi bahwa El Pistolas bakal sangat kesulitan adaptasi pada RC213V yang terkenal agresif. Nyatanya, Marquez justru sukses finis kedua di Le Mans dan Aragon, dan memperebutkan podium di Teruel walau akhirnya gagal finis.

"Alex adalah kejutan besar, bahkan ia lebih mengejutkan dari Franco Morbidelli. Sebelumnya, tak ada yang mengira bakal melihatnya memperebutkan kemenangan usai 7-8 balapan. Saya pikir ia bakal dapat kesulitan lebih banyak, tapi ia justru berkembang pesat dan kini sangat cepat," ujar Lorenzo seperti yang dikutip Motorsport.com.

Uniknya, sebelum menjalani balapan pertamanya musim ini, Marquez dinyatakan terdepak dari Repsol Honda demi memberi jalan kepada Pol Espargaro tahun depan. Marquez pun bakal ditransfer ke LCR Honda untuk menggantikan Cal Crutchlow.

2 dari 3 halaman

Kini Banyak yang Dukung Alex Marquez

Keputusan Honda ini pun dikecam banyak pihak, karena dinilai gegabah dan tak menghormati Marquez. Namun, Marquez justru berlapang dada dan yakin perpindahannya ke LCR Honda bakal meringankan bebannya. Toh ia akan tetap dapat dukungan pabrikan dari Honda.

Lorenzo sendiri mengaku belum berani menilai keputusan Honda yang kontroversial tersebut. Namun yang pasti, ia merasa ikut senang kini banyak orang yang berbalik mendukung Marquez ketika ia dianggap tak diperlakukan dengan baik oleh pabrikan Sayap Tunggal.

"Apakah Honda melakukan kesalahan memindahkannya ke LCR? Entahlah. Tapi sebelum ia mulai balapan musim ini, semua orang mengkritik Honda karena memutuskan mempromosikannya ke MotoGP, kini malah sebaliknya. Menghakimi memang mudah," pungkasnya.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR