BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jorge Lorenzo: Kemenangan Marc Marquez di Sachsenring Adalah Momen Bersejarah

23-06-2021 09:08 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Eks tandem Marc Marquez di Repsol Honda, Jorge Lorenzo, melemparkan pujian tinggi setelah delapan kali juara dunia itu merebut kemenangan di MotoGP Sachsenring, Jerman, Minggu (20/6/2021), usai penantian 581 hari akibat cedera patah tulang humerus kanan berkepanjangan. Hal ini Lorenzo nyatakan via program '99 Seconds' di kanal YouTube-nya.

Itu adalah kemenangan perdana Marquez dan Honda sejak MotoGP Valencia 2019, sekaligus podium perdana Honda sejak Alex Marquez di MotoGP Aragon 2020. Tak hanya itu, ini juga kemenangan Marquez yang ke-11 beruntun di Sachsenring, sejak masih turun di GP125 2010. Lorenzo yakin kesuksesan ini berkat start Marquez yang krusial.

Start kelima, Marquez memang langsung merangsek ke posisi kedua di Tikungan 1, mengasapi Fabio Quartararo. Ia pun membuntuti Aleix Espargaro dengan ketat, dan akhirnya menyalip di Tikungan 13. Manuver itu membuat Marquez memimpin balapan sejak lap pembuka, dan melenggang sampai finis sebagai pemenang.

1 dari 3 halaman

Nilai Marc Marquez Sangat Berani

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo (c) HRC

"Saya rasa start Marc adalah kunci penting. Kita sudah lihat holeshot device terbaru Honda yang mampu menurunkan kedua bannya. Entah apakah semua pabrikan punya sistem yang sama, namun Honda tampil sangat baik. Marc start bagai roket dan naik beberapa posisi," ujar Lorenzo seperti kutipan MotosanGP, Selasa (22/6/2021).

"Di tikungan pertama, ia mampu menyalip Fabio dengan sangat berani, yang membuatnya duduk di posisi kedua dan hanya harus menyalip Aleix yang memimpin balapan untuk pertama kali namun tak punya kecepatan seperti Marc. Sejak itu, dengan trek yang 'bersih', Marc mendapatkan kunci kemenangan," lanjutnya.

Lorenzo pun mengangkat topi untuk usaha Marquez kembali ke puncak tangga podium. Ia yakin hasil ini akan membuat rider 28 tahun tersebut mengalami lonjakan rasa percaya diri menghadapi balapan-balapan berikutnya. Lima kali juara dunia ini juga yakin bahwa kemenangan ini adalah aksi 'comeback' terbaik dalam sejarah balap motor.

2 dari 3 halaman

Sekali Pulih Betul, Bakal Kuat Seperti Dulu

"Selamat untuk Marc. Nikmatilah kemenangan yang layak ini. Saya rasa ini kemenangan yang membuat Anda bisa merasa lebih baik usai lama menderita. Sungguh luar biasa, jelas salah satu 'comeback' paling impresif dalam sejarah dunia balap motor, meski entah soal olahraga secara keseluruhan," tutur Lorenzo.

"Pembalap terbaik telah menang, tak peduli bahwa Fabio sedang memimpin klasemen atau pembalap-pembalap muda tengah berdatangan. Secara teknis dan fisik, Marc Marquez yang terbaik. Ambisinya jauh lebih superior daripada lainnya. Ketika ia sudah pulih betul, ia akan sekuat dulu lagi," pungkasnya.

Berikat kemenangan ini, Marquez pun melonjak naik ke peringkat 10 pada klasemen pembalap dengan koleksi 41 poin. Ironisnya, ia juga menjadi pembalap Honda terbaik saat ini, mengingat Pol Espargaro, Takaaki Nakagami, dan Alex Marquez belum juga meraih hasil mentereng.

Sumber: YouTube/99Seconds, MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR