BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jorge Lorenzo Ingin Valentino Rossi Balik ke Ducati Sebelum Pensiun

23-06-2021 10:00 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Lima kali juara dunia yang juga eks pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, mengaku ingin Valentino Rossi kembali mengendarai motor Ducati sebelum benar-benar pensiun. Hal ini ia sampaikan dalam program '99 Seconds' di kanal YouTube-nya seperti yang dikutip MotosanGP, Selasa (22/6/2021), usai Rossi finis ke-14 di Sachsenring, Jerman.

Musim ini, Rossi membela Petronas Yamaha SRT dan kontraknya dengan Yamaha akan habis akhir tahun nanti. Meski mengendarai YZR-M1 spek pabrikan teranyar seperti Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, sejauh ini Rossi hanya mampu sekali masuk 10 besar dan bahkan sempat empat kali pulang tanpa poin.

Rossi masih bungkam soal masa depannya, hanya berdalih bahwa rehat musim panas selama lima pekan pada Juli-Agustus akan ia gunakan sebagai masa-masa merenung. Namun, gosip yang beredar menyebut ia akan gantung helm akhir musim ini, dan akan fokus mengurus VR46 Team yang akan turun dengan dua motor tahun depan.

1 dari 3 halaman

Marco Bezzecchi vs Valentino Rossi

VR46 Team tahun ini tengah menurunkan Luca Marini bersama Ducati Corse, dan tahun depan ia diprediksi akan ditandemkan dengan Marco Bezzecchi. Uniknya, ada isu lain yang menyatakan bahwa slot VR46 Team yang satu itu juga bisa diserahkan kepada Rossi, yang merupakan pemilik tim yang bermarkas di Tavullia, Italia, tersebut.

"Banyak orang membicarakan masa depan Vale. Bos tim Petronas, Razlan Razali, mengaku takkan melanjutkan kerja sama dengan Vale dan Ducati mengonfirmasi kerja sama dengan VR46 Team. Yang jadi favorit untuk rider kedua untuk strukturnya adalah Marco Bezzecchi, dan ia tak melihat dirinya mengendarai Ducati tahun depan," ujar Lorenzo.

Eks pembalap Yamaha, Ducati, dan Honda yang pensiun pada akhir 2019 lalu ini pun menyatakan bahwa dirinya punya firasat kuat bahwa Rossi benar-benar akan pensiun akhir musim nanti. Namun, ia tak memungkiri sangat penasaran apa yang bisa dilakukan The Doctor andai kembali membela Ducati.

2 dari 3 halaman

Siapa Tahu Ducati Lebih Baik dari Yamaha?

"Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi, hanya Vale yang tahu. Dengan masa rehat yang bergulir setelah balapan di Assen, ia akan melakukan renungan dengan sangat baik soal masa depannya. Namun, jujur saja, firasat saya menyatakan bahwa ia akan pensiun akhir musim ini," tutur Lorenzo.

"Saya bakal senang melihatnya menggunakan kesempatan terakhir untuk mengendarai Ducati, motor yang akan menjadi dukungan untuknya. Siapa tahu motor itu akan memberinya perasaan lebih baik daripada Yamaha," pungkas pria berusia 34 tahun ini.

Rossi sendiri diketahui pernah membela tim pabrikan Yamaha pada 2011 dan 2012, masa-masa ia mengalami paceklik kemenangan dan hanya mampu meraih tiga podium. Namun, musim ini, Ducati sudah mengoleksi 11 podium lewat empat rider berbeda, termasuk dua kemenangan lewat Jack Miller.

Sumber: YouTube/99Seconds, MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR